Implementasi Metode Debat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan

Ach. Ilyasin, Ach. Ilyasin (2022) Implementasi Metode Debat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSITITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Ach. Ilyasin_18381011006_Cover_PAI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
c) Ach. Ilyasin_18381011006_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
d) Ach. Ilyasin_18381011006_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
f) Ach. Ilyasin_18381011006_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
g) Ach. Ilyasin_18381011006_BAB I_PAI.pdf

Download (541kB)
[img] Text
h) Ach. Ilyasin_18381011006_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
i) Ach. Ilyasin_18381011006_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
j) Ach. Ilyasin_18381011006_BAB IV_PAI.pdf

Download (705kB)
[img] Text
k) Ach. Ilyasin_18381011006_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
l) Ach. Ilyasin_18381011006_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
b) Ach. Ilyasin_18381011006_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Pesetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (121kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Debat, Meningkatkan Hasil Belajar Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Larangan, dimana metode debat ini dapat dikatakan bahwa metode yang jarang digunakan oleh guru mapel, karena metode tersebut sangatlah sulit dilakukan dan cara penyampainya memerlukan waktu yang sangat lama, maka dari itu peneliti menggunakan metode tersebut yaitu supaya siswa-siswi terbiasa menyalurkan berpendapat dan berfikir kritis kletika menyampaikan argumennya. Terdapat tiga fokus masalah yang menjadi kajian pada penelitian ini yaitu: pertama, Implementasi metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Larangan. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Larangan. Dan yang ketiga, Gambaran keberhasilan implementasi metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Larangan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Serta tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Larangan, yaitu penerapan atau pelaksanaan yang dilakukan oleh guru pengajar khusunya pada mata pelajaran PAI dimana dalam hal tersebut guru memberi penjelasan metode debat agar peningkatan suatu hasil belajar pada siswa itu semakin meningkat, jadi dalam menyikapi hal tersebut penerapannya haruslah jelas agar siswa dapat menerima apa yang disampaikan oleh guru bisa diterima dengan mudah. Kedua, Faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar, maka hasilnya tidak semua guru mendukung dan tidak ada respon yang positif dari pihak sekolah karena terlalu sulit dilakukan pada jenjang SMP sehingga dalam suatu pembelajaran tidak di terapkan, jadi faktor pendukung utama dalam suatu pembelajaran yaitu sekolah dan guru. Cara peningkatan dalam hasil belajar di SMP Negeri 1 Larangan dalam metode debat, yaitu dari hasil belajar siswa tergolong dalam kriteria sangat rendah. Hal ini di sebabkan karena guru masih mendomenasi pembelajaran hanya dengan metode ceramah dan penugasan tampa ada siswa ikut terlibat dalam pembelajaran siswa hanya melihat dan mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa serta menurunkan hasil belajar. Ketiga, Keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar bisa di lihat dari keaktifan siswa dalam belajar, cara mengetahui keaktifan siswa dalam kegiatan belajar tidak lain adalah mengenali dan membantu siswa-siswa yang kurang terlibat dan usaha apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:13
Last Modified: 12 Dec 2023 08:13
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4582

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item