Analisis Pembelajaran Luar Jaringan (Luring) Materi PAI Semester Ganjil Kelas 8 pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Islam Nurul Jadid Kokkowan Guluk Manjung Bluto Sumenep

Umam, Zaka Chairul (2022) Analisis Pembelajaran Luar Jaringan (Luring) Materi PAI Semester Ganjil Kelas 8 pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Islam Nurul Jadid Kokkowan Guluk Manjung Bluto Sumenep. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a. Zaka Chairul Umam_20170701011158_Cover_PAI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
c. Zaka Chairul Umam_20170701011158_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
d. Zaka Chairul Umam_20170701011158_Lembar Pengesahan_PAI-1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
e. Zaka Chairul Umam_20170701011158_Abstrak_PAI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
f. Zaka Chairul Umam_20170701011158_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
g. Zaka Chairul Umam_20170701011158_BAB I_PAI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
h. Zaka Chairul Umam_20170701011158_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
i. Zaka Chairul Umam_20170701011158_BAB III_PAI.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
j. Zaka Chairul Umam_20170701011158_BAB IV_PAI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
k. Zaka Chairul Umam_20170701011158_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
l. Zaka Chairul Umam_20170701011158_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
b. Zaka Chairul Umam_20170701011158_Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Persetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (69kB)

Abstract

Kata Kunci : Analisis Pembelajaran PAI, Pembelajaran Jarak Jauh, Luar Jaringan (Luring), Masa Pandemi Covid19 Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19) memutuskan bahwa sekolah tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara langsung (tatap muka), tetapi sebagai penggantinya adalah pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran Jarak Jauh terbagi atas dua metode yaitu dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Pembelajaran PAI kelas 8 SMP Islam Nurul Jadid Kokkowan tidak dapat melaksanakan secara daring dikarenakan beberapa hambatan seperti masih banyak siswa yang tidak memiliki laptop ataupun smartphone sebagai media pembelajaran serta sulitnya koneksi internet yang ada di daerah tertentu. Oleh karena itu agar pembelajaran tetap dapat dilakukan di tengah banyaknya keterbatasan, maka guru melaksanakan proses pembelajaran dengan metode luar jaringan (luring). Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok peneliti, yaitu : pertama Bagaimana strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran luar jaringan (Luring) materi PAI semseter ganjil kelas 8 pada masa pandemi covid 19 di SMP Islam Nurul Jadid Kokkowan, kedua Apa kendala dalam melaksanakan strategi pembelajaran luar jaringan materi PAI semseter ganjil kelas 8 pada masa pandemi covid 19 di SMP Islam Nurul Jadid Kokkowan, ketiga Bagaimana solusi untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan strategi pembelajaran luar jaringan materi PAI semseter ganjil kelas 8 pada masa pandemi covid 19 di SMP Islam Nurul Jadid Kokkowan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru materi PAI kelas 8, Kepala SMP Islam Nurul Jadid Kokkowan dan 5 orang peserta didik kelas 8. Teknik pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengabsahan data: Teknik triangulasi. Teknik analisis data: data reduction (pemilihan data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran, (a). perencanaan strategi: pada perencanaan strategi, guru mulai membuat RPP dengan menyesuaikan pada silabus pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid19. Pembelajaran berpusat pada metode luar jaringan (luring) melalui pemberian materi dalam bentuk modul yang bersumber dari buku PAI Kelas 8, (b) pelaksanaan strategi: pada pelaksanaan strategi kegiatan pembelajaran diawali dengan cara pemberian modul serta penjelasan singkat tentang isi modul tersebut kepada masing-masing peserta didik melalui ketua kelompok untuk menjadi bahan belajar sekaligus bahan diskusi bersama anggota kelompoknya, (c) evaluasi dan penilaian: kegiatan lanjutan dari pelaksanaan pembelajaran adalah evaluasi dan penilaian, bentuk evaluasi yang digunakan guru PAI Kelas 8 dalam melakukan penilaian dengan cara pemberian tes sederhana dengan model uraian dimana soal-soal tersebut merupakan pertanyaan-pertanyaan dari beberapa kesimpulan yang ada dalam modul. (2) kendala dalam pelaksanaan strategi (a) tingkat kebosanan peserta didik dalam proses pembelajaran (b) orang tua tidak sepenuhnya bisa membimbing peserta didik dalam belajar. (3) solusi dari kendala yang dihadapi (a) solusi mengatasi tingkat kebosanan peserta didik dalam proses pembelajaran: Solusi dari tingkat kebosanan peserta didik dalam proses pembelajaran adalah guru harus bisa menginovasi model pembelajaran agar lebih menarik, hal ini bertujuan agar psikologi peserta didik dalam belajar dapat terbangun sehingga motivasi belajarnya perlahan semakin meningkat, (b) solusi bagi orang tua yang tidak bisa sepenuhnya membimbing peserta didik dalam belajar: penerapan program guru kunjung nantinya bisa menjadi salah satu alternatif bagi para orang tua yang mempunyai aktifitas profesi padat serta menjadi alternatif pula bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, dengan adanya program guru kunjung ini para peserta didik dapat terbimbing dan terpantau belajarnya sehingga proses kegiatan belajar yang dilaksanakan dirumah oleh para peserta didik dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:07
Last Modified: 25 Oct 2023 07:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4584

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item