PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA-SISWI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT PERISAI DIRI MADRASAH ALIYAH AL-DJUFRI KABUPATEN PAMEKASAN

Romadhon, Wahyu Sahril (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA-SISWI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT PERISAI DIRI MADRASAH ALIYAH AL-DJUFRI KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Cover.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Lembar Pengasahan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (28kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Surat Keaslian Tulisan.pdf

Download (196kB)

Abstract

Kata Kunci: Penanaman, Nilai-nilai Agama Islam, Perisai Diri, Madrasah Aliyah Al-Djufri Al-Quran memandang kebudayaan itu merupakan suatu proses, dan meletakkan kebudayaan sebagai eksistensi hidup manusia. Kegiatan ekstrakurikuler pencak silat perisai diri di Madrasah Aliyah Al-Djufri Kabupaten Pamekasan, merupakan bentuk dari perkembangan pencak silat sebagai kebudayaan. Oleh karena itu seharusnya pencak silat juga bisa sebagai media dalam penanaman nilai yang berlandaskan pada nilai-nilai pendidikan agama Islam. hal tersebut yang melatar belakangi peneliti mengangkat tema penanaman nilai-nilai agama Islam terhadap siswa-siswi ekstrakurikuler pencak silat Perisai Diri di Madrasah Aliyah Al-Djufri Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka diangkat dua permasalahan, pertama, bagaimana strategi penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam dalam ekstrakurikuler pencak silat perisai diri Madrasah Aliyah Al-Djufri Kabupaten Pamekasan?, kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat perisai diri di Madrasah Aliyah Al-Djufri Kabupaten Pamekasan?. Tujuan dilakukan penelitian ini, untuk mengetahui metode penanaman nilai-nilai agama Islam pada kegiatan ekstrakurikuler pencak silat perisai diri Madrasah Aliyah Al-Djufri, dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pada kegiatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah, penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan data sakunder. Data primer diperoleh peneliti berdasarkan hasil wawancara dengan pembina, pelatih, M. Ali Rizal selaku asisten pelatih serta anggota ekstrakurikuler pencak silat perisai diri di Madrasah Aliyah Al-Djufri Kabupaten Pamekasan, observasi lapangan yang dilakukan oleh peneliti pada kegiatan tersebut, dan dokumentasi, sedangkan data sakunder diperoleh peneliti bisa berupa bahan referensi seperti buku atau jurnal yang membahas tentang penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat Perisai Diri. Hasil penelitian yang dilakukan pada kegiatan ekstrakurikuler pencak silat Perisai Diri di Madrasah Aliyah Al-Djufri, peneliti memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Strategi penanaman nilai-nilai agama Islam yang digunakan ialah metode tidak langsung serta metode teladan. Nilai agama Islam yang terdapat didalam kegiatan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat Perisai Diri Madrasah Aliyah Al-Djufri diantaranya: nilai keimanan, nilai ketaatan, nilai kepatuhan, nilai kecintaan, nilai kasih sayang, nilai penghormatan, dan nilai persaudaraan. 2) faktor pendukung pada kegiatan ekstrakurikuler pencak silat Perisai Diri Madrasah Aliyah Al-Djufri diantaranya: metode pembelajaran, sarana dan prasarana, adanya kesadaran siswa, dukungan pihak sekolah maupun yayasan, adanya kerjasama yang baik, serta adanya dukungan keluarga. Adapun penghambatnya ialah: susah mendapt izin bagi siswa yang santri serta timbulnya rasa malas pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:25
Last Modified: 25 Oct 2023 07:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4586

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item