Hotimah, Chusnul (2022) Pola Pembinaan Akhlak Siswa Berbasis Nilai-Nilai Pesantren Di TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren AlAmien Prenduan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Chusnul Hotimah_18381012041_Cover_PAI.pdf Download (398kB) |
|
Text
halaman pengesahan chusnul hotimah .pdf Download (184kB) |
|
Text
c) Chusnul Hotimah_18381012041_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf Download (136kB) |
|
Text
18381012041_ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
|
Text
f) Chusnul Hotimah_18381012041_Daftar isi_PAI.pdf Download (254kB) |
|
Text
g) Chusnul Hotimah_18381012041_BAB I_PAI.pdf Download (257kB) |
|
Text
h) Chusnul Hotimah_18381012041_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
i) Chusnul Hotimah_18381012041_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
j) Chusnul Hotimah_18381012041_BAB IV_PAI.pdf Download (835kB) |
|
Text
k) Chusnul Hotimah_18381012041_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text
l) Chusnul Hotimah_18381012041_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (234kB) |
|
Text
b) Chusnul Hotimah_18381012041_ Surat_Pernyatan_Karya dan Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf Download (172kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembinaan Akhlak, Nilai Pesantren. Pembinaan akhlak dalam sebuah lembaga pendidikan menjadi sesuatu keharusan yang harus dilakukan guna untuk menciptakan peserta didik yang mampu memiliki perilaku yang baik.Pondok pesantren merupakan salah lembaga pendidikan utama yang tidak dapat dipungkiri eksistensi dan peranannya dalamPembinaan akhlak. Pembinaan akhlak terhadap siswa di TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep di lakukan melalui pendekatan berbasis pesantren yang tidak terkesan dipaksakan serta dalam melalui aturan-aturan pesantren yang harus dijalankan oleh semua elemen yang ada termasuk pendidik dan juga peserta. Dalam penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana Pembinaan Akhlak di Dalam Kelas Pada Siswa TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep, 2) Bagaimana Pembinaan Akhlak di Luar Kelas Pada Siswa TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep, 3) Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah Kabid. Kesantrian, Mudir Aliyah Putra, MudirTsanawiyah Putra, Fungsionaris Organisasi Santri, ISMI (Putra) dan ISTAMA (Putri) Ketua DPP ISMI TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI), dan Ketua DPS ISMITarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep. Hasil Penelian yang dilakukan adalah sebagai beriku: 1) Pembinaan akhlak di dalam kelas pada siswa TarbiyatulMu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep, yaitu dilakukan dengan Metode dialog, Metode Kisah Qurani dan Nabawi, Metode Teladan, Metode Adat kebiasaan, Perhatian dan Hukuman. 2) Pembinaan akhlak di
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:09 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:09 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4604 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |