Wedi, Agus (2022) Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20160701010013_SAMPUL.pdf Download (249kB) |
|
Text
20160701010013_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (44kB) |
|
Text
20160701010013_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
20160701010013_ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text
20160701010013_DAFTAR ISI.pdf Download (336kB) |
|
Text
20160701010013_BABI.pdf Download (524kB) |
|
Text
20160701010013_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
20160701010013_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
20160701010013_BABIV.pdf Download (424kB) |
|
Text
20160701010013_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
20160701010013_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (335kB) |
|
Text
20160701010013_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (118kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Siswa Strategi pembelajaran berbasis masalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi mengumpulkan dan menganalisis data secara lengkap untuk memecahkan masalah yang ingin dipecahkan. Tujuan yang diharapan dari strategi pembelajaran berbasis masalah ialah kemampuan siswa untuk berpikir praktis, dan logis untuk menemukan alternatif pemecahan masalah melalui eksplorasi data secara empiris dalam rangka menumbuhkan sikap ilmiah. Ada dua fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitan ini, yaitu: pertama, bagaimana langkah-langkah guru pai dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI Di SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan. Kedua, apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam startegi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI Di SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan. Penelitian ini menggunaan pendeatan kualitatif, dengan jenis penelitian desriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawncara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, langkah-langkah guru dalam penerapan stategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningatan pemahaman siswa diantaranya ialah a). Guru menyampaikan materi dan tujuan indikator. b). Guru menetapkan peraturan dan nilai dalam pelaksanaan pembelajaran. c). Guru membentuk beberapa kelompok dan menyuruh untuk membaca topik pelajaran. d). Guru memberikan suatu permasalah atau konflik dan menyuruh berdiskusi mencari jawabnnya kepada setiap kelompok. e). Guru menjadi fasilisator berjalannya diskusi. f). Guru menunjuk kelompok untuk presentasi secara bergantian. g). Guru menyimpulkan jawaban yang guru dengar kegiatan diskusi. Kedua, faktor penghambatnya diantaranya ialah a). Kurangnya waktu dalam sekali pertemuan. b). IQ siswa yang berbeda. c). Background siswa d). Kurangnya sarana dan prasarana, seperti ketersediaan refrensi, alat-alat praktek di Laboratarium, kursi yang rusak. Sedangkan fator pendukung diantaranya ialah a). Adanya musholla sebagai pratek keagamaan b). Keaktifan guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:07 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4609 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |