Strategi Guru PAI dalam Menumbuhkan Nila-Nilai Toleransi Beragama Siswa di SMAN 3 Pamekasan

Islamiyah, Fitriyatul (2022) Strategi Guru PAI dalam Menumbuhkan Nila-Nilai Toleransi Beragama Siswa di SMAN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Sampul Fitri-PAI .pdf.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Fitriyatul Islamiyah Halaman pengesahan.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-ABSTRAK-PAI .pdf.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Daftar Isi-PAI .pdf.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Bab 1-PAI .pdf.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Bab 2-PAI .pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Bab 3-PAI .pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Bab 4-PAI .pdf.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Bab 5-PAI .pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Daftar rujukan-PAI .pdf.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Fitriatul islamiyah 18381012062-Keaslian Tulisan-PAI .pdf.pdf

Download (39kB)

Abstract

Kata Kunci: strategi guru PAI, toleransi beragama siswa Negara Indonesia yang masyarakatnya dikenal sebagai masyarakat pluralis, karena di Indonesia ada 6 agama dan juga bermacam-macam suku, dan ras yang secara keseluruhan membentuk tatanan kebudayaan nasional bangsa, yaitu kebudayaan Indonesia. Pluralisme dalam masyarakat Indonesia merupakan sebuah kekayaan budaya bangsa yang sangat tinggi nilainya. Tetapi, sebaliknya dengan adanya masyarakat plural tak menutup kemungkinan menimbulkan adanya perbedaan-perbedaan yang memicu potensi-potensi konflik. Ada dua fokus penelitian dalam skripsi ini pertama, Bagaimana Pemahaman pihak sekolah tentang toleransi beragama siswa di SMAN 3 Pamekasan ?. Kedua, Bagaimana strategi guru PAI dalam menumbuhkan nilainilai toleransi beragama siswa di SMAN 3 Pamekasan ?. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMAN 3 Pamekasan ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Yang menjadi sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan sebagian siswa muslim dan non muslim. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data memakan waktu lebih dari satu bulan. Teknik analisis data memakai teknik analisis data deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan pengabsahan data yaitu triangulasi, Triangulasi yang digunakan yaitu triangulas Sumber dan triangulasi Tehnik/metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi beragama adalah memberi peluang seluas-luasnya kepada siapa saja yang mempunyai keyaqinan akan pelaksanaan syariat agama masing-masing dan tidak ada unsur pemaksaan karena masalah keagamaan sifatnya sangat pribadi Mengenai strategi guru PAI yang digunakan dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa salah satunya dengan cara tidak pernah sedikitpun menyinggung yang berbeda agama ketika mengajar di kelas, tolerasni tersebut sudah diterapkan di SMAN 3 Pamekasan sudah lama serta membuat siswa non muslim tidak takut akan adanya perbedaan agama di sekolah. mengenai faktor pendukungnya diantaranya; lingkungan sekolah dan warga sekolah. Semua guru bekerja sama dalam menumbuhkan nilai – nilai beragama yang dimaksudkan tidak hanya Guru PAI dan BK saja namun semua guru di SMAN 3 Pamekasan bekerja sama dalam menumbuhkan nilai – nilai toransi beragama dan juga pelajaran PAI memang ada bab khusus toleransi pada kelas XI, kalau mengenai faktor penghambatnya tidak ada yang menghambat dalam menumbuhkan toleransi beragama kepada Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:07
Last Modified: 12 Dec 2023 08:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4611

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item