Ilahiyah, Iradatul (2022) Implementasi Materi Aqoid 50 Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Hidayah Desa Tentenan Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Cover_PAI.pdf Download (125kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (368kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf Download (434kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Abstrak_PAI.pdf Download (369kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (307kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Bab_I_PAI.pdf Download (473kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Bab_II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Bab_III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Bab_IV_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Bab_V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (397kB) |
|
Text
Iradatul_Ilahiyah_19381012160_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PAI.pdf Download (27kB) |
Abstract
Kata kunci: Implementasi, Materi Aqoid 50, Karakter Religius. Dalam implemetasi materi aqoid 50 berisi rumpunan materi yang dapat memperkenalkan peserta didik yang masih berusia 4-6 tahun tentang ketuhanan, Agama Islam dengan segala ruang lingkupnya. Dimana peserta didik disini dapat belajar dan meneguhkan keimanannya sebagai hamba Allah. Penanaman dan penerapan karakter dilingkungan sekolah menjadi suatu hal yang penting untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik, bahwasanya setiap tindakan yang diambil menjadi tanggung jawab tersendiri bagi setiap manusia. Dilakukannya penelitian ini, tidak hanya untuk bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi materi aqoid 50 dalam menanamkan karakter religius peserta didik, bagaimana faktor pendukung dan penghambatnya. Sekaligus solusi yang diambil pada saat kebelangsungan proses implementasi materi aqoid 50 dalam menanamkan karakter religius peserta didik. Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi peneliti gunakan sebagai teknik pengumpulan data. Sumber sata ialah kepala sekolah, guru aqoid 50, dan wali murid. Untuk teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sementara teknik pengecekan keabsahan datanya ialah perpanjangan pengamatan, ketekunan, dan triangulasi. Dengan hasil penelitian. Pertama, implementasi materi aqoid 50 di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Al-Hidayah terselenggara dengan baik dan berpedoman pada RPPH yang digunakan, yang mana RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) tersebut meliput kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, materi pembelajaran dan kegiatan penutup. Kedua, faktor pendukug yang meliputi tenaga pendidik itu sendiri dengan cara mengajarnya memenuhi kebutuhan peserta didik, kegiatan Agama seperi mengaji dan membaca surat-surat pendek, dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari peserta didiknya yang tidak sepenuhnya fokus pada pembelajaran karena berbicara dan bermain, dan kurangnya tenaga pendidik sehingga waktu yang tersedia tidak cukup
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:05 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:05 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4616 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |