Aini, Kurratul (2022) Penanaman Nilai-Nilai Keaswajaan melalui Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
KURRATUL AINI_19381012145_COVER_PAI.pdf Download (191kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (103kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_LEMBAR PENGESAHAN_PAI.pdf Download (198kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_ ABSTRAK_PAI.pdf Download (291kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_ DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (164kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_BAB I_PAI.pdf Download (511kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_ BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_ BAB IV _PAI.pdf Download (622kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf Download (372kB) |
|
Text
KURRATUL AINI_19381012145_SURAT KEASLIAN KARYA_PAI.pdf Download (6kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penanaman, Aswaja, IPNU IPPNU Penanaman nilai-nilai aswaja merupakan upaya dalam menstransfer nilai-nilai aswaja, dikatakan sebuah nilai karena hal tersebut sangatlah berharga. Adapun nilai-nilai yang dimaksud tentunya berdasarkan ajaran dalam ahlusunnah waljamaah. Pada pilar Islam Nusantara dijelaskan bahwasanya ada 3 yang menjadi dasar dalam Islam Nusantara yakni: fikrah atau pemikiran, harkah atau gerakan, dan amaliyah atau tindakan nyata. Islam Nusantara sebagai identitas aswaja NU menggunakan pemikiran yang berlandaskan pada ushul fiqh dan fiqh dan disiplin ilmu untuk menyambungkan amaliyah yakni berdasarkan al-qur’an dan sunah Nabi. Islam Nusantara sangat menghormati tradisi-tradisi, dan hal demikian dilakukan walisongo dan diwariskan kepada pendiri NU yang tentunya kepada kita semua.1 Penelitian ini, bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis penanaman nilai-nilai Aswaja melalui pimpinan anak cabang yang selanjutnya disebut PAC IPNU IPPNU Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana penanaman nilai-nilai aswaja yang dilakukan PAC IPNU IPPNU Proppo, kedua apa saja kendala yang dihadapi, dan ketiga bagaimana solusi dari kendala yang terjadi. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang berlokasi di kecamatan Proppo. Informasinya adalah pembina dan ketua IPNU IPPNU Proppo, ketua PC IPNU IPPNU Pamekasan, perwakilan anggota IPNU IPPNU Proppo, dan perwakilan tokoh masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, PAC IPNU IPPNU Proppo telah menanamkan nilai-nilai aswaja, seperti halnya adanya kajian rutinan, membentuk kader dengan diadakannya diklat ke NU an, seminar, ziaroh, maulid Nabi, dan lain-lain yang secara keseluruhan dapat dikatakan telah berhasil. Kedua, banyak kendala yang terjadi baik faktor internal dan eksternal. Ketiga, solusi dari kendala tersebut yakni dengan menyesuaikan dengan keadaan dalam artian mampu mengolah waktu dengan baik, mengayomi pengurus dan anggota, mempunyai rasa akan memiliki organisasi, memperkuat niatan, mengambil peran, memahami tupoksi, mengadakan ajang perlombaan, melakukan pendekatan dengan orang tua. Sehingga dari kendala yang ada tidak menghalangi tiap pengurus untuk menanamkan nilai-nilai aswaja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:03 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4621 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |