Arifa, Luluk Lusiana (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Novel Di Atas Sajadah Cinta Telaah Kritis Perspektif Al-Qur’an Karya Habiburrahman El Shirazy. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_Cover_PAI.pdf Download (342kB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_Abstrak_PAI.pdf Download (458kB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (295kB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_BAB I_PAI.pdf Download (618kB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_BAB III_PAI.pdf Download (937kB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_BAB IV_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_Daftar_Rujukan_PAI.pdf Download (400kB) |
|
Text
Luluk Lusiana Arifa_19381012149_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Telaah Kritis Perspektif Al-Qur’an, Novel Di Atas Sajadah Cinta Karya sastra tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan Islam, berdasarkan historis sebelum Al-Qur’an diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad, bangsa Arab sudah sangat akrab dan mahir dalam munulis karya-karya sastra yang estetis. Unsur estetik karya sastra sangat erat kaitannya dengan nilai pendidikan agama Islam, diantaranya: nilai religius, moral, budaya, dan estetika. Karya satra mencerminkan kehidupan masyarakat yang syarat dengan pendidikan agama Islam. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian penelitian ini, yaitu: pertama Apa nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam novel di Atas Sajadah Cinta Perspektif Al-Qur’an Karya Habiburrahman El Shirazy?. Kedua Apa kontribusi novel di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy terhadap pendidikan agama Islam?. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dengan jenis penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan adalah hermeneutik. Sumber data diperoleh melaui (1) identifikasi data dilakukan untuk menemukan data, (2) klasifikasi data yaitu mengelompokkan data berdasarkan objek kajian, (3) deskripsi data yaitu menggambarkan kejadian pada data, dan (4) interpretasi data yaitu menafsirkan data temuan. Berdasarkan hasil analisis data terkait nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ditemukan dalam novel di atas sajadah cinta karya Habiburrahman El Shirazy yaitu: (1) Aqidah yaitu: yakin kepada Allah, takut kepada Allah, dan takwa kepada Allah. (2) Syariah yaitu: Istiqomah dalam ibadah. (3) Akhlak kepada Allah yaitu: Sabar, ikhtiar, menginfakkan harta di jalan Allah, mengawali sesuatu dengan Basmalah. (4) Akhlak terhadap makhluk yaitu: Menjaga pandangan, jujur, menghormati orang tua, tidak kikir, saling menasihati, saling membalas salam, husnuzzon, selalu berbuat baik, melindungi anak kecil, mengakui kesalahan, dermawan, menolong sesama, saling mengasihi dan menyayangi, tidak tamak, merawat orang tua, mencari teman yang baik, dan memuliakantetangga. Serta, kontribusi novel di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy terhadap pendidikan agama Islam yaitu dapat mengambil berbagai bentuk pelajaran yang dapat memberikan inspirasi dan juga renungan tentang pendidikan akhlak yang ada di dalam novel tersebut dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitarnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:00 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4624 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |