Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 1 Pamekasan

Arifin, Moh. Syamsul (2022) Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_Cover_PAI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
M0h. Syamsul Arifin_20170701011083_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_Abstrak_PAI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_BAB I_PAI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_BAB IV_PAI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Moh. Syamsul Arifin_20170701011083_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (119kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Kejenuhan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sebagai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan, penghayatan dan pengalaman bagi siswa tentang Sejarah Kebudayaan Islam. sehingga dapat membekali mereka dalam mempelajari sejarah-sejarah yang ada di dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tersebut. Namun pada realitanya tak banyak siswa yang paham dan mampu mendengarkan pembelajaran sejarah-sejarah di pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (filed research). Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa kelas XII IPA. Adapun permasalahan yang menjadi topik dalam penelitian ini adalah 1) Kejenuhan apa yang dialami siswa MAN 1 pamekasan dalam memahami mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 2) Bagaimana hasil pelaksanaan strategi yang digunakan Guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Pamekasan. 3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari strategi yang digunakan Guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat banyak sekali kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa, diantaranya kejenuhan dalam menerima pelajaran yang diberikan guru, hasil belajar yang dicapai tidak seimbang dengan upaya yang dilakukan, kejenuhan dalam mendengarkan cerita tentang sejarah-sejarah, dan kejenuhan dalam mengingat nama-nama tokoh yang ada di dalam sejarah. Kedua, secara umum ada tiga strategi yang digunakan oleh guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diantaranya strategi pembelajaran kontekstual hasilnya masih ada siswa yang mengalami kejenuhan, strategi pembelajaran inkuiri hasilnya ada siswa yang merasa senang dan bosan ketika menggunakan strategi ini, dan strategi pembelajaran ekspositori hasilnya kelihatan bahwa bisa membuat siswa antusias mengikuti pembelajaran lagi. Ketiga, faktor penyebab siswa mengalami kejenuhan dikarenakan dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern meliputi kapasitas intelektual siswa yang rendah, kurangnya motivasi dalam belajar, bakat yang kurang sesuai dengan mata pelajaran yang dipelajari, kebiasaan belajar yang kurang baik, latar belakang pendidikan siswa yang berbeda seperti alumni sekolah agama dan sekolah umum. Sedangkan faktor ekstern meliputi penjelasan guru yang kurang dimengerti siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:58
Last Modified: 12 Dec 2023 07:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4632

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item