Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Molang Areh Di Dusun Aeng Bato Desa Kapedi Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep

Al Fajri, Mufti Umam (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Molang Areh Di Dusun Aeng Bato Desa Kapedi Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (63kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (77kB)
[img] Text
7 BAB I - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (156kB)
[img] Text
8 BAB II - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
9 BAB III - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
10 BAB IV - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (381kB)
[img] Text
11 BAB V - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (75kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - MUFTI UMAM AL FAJRI 18381011125.pdf

Download (166kB)

Abstract

Kata kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan Islam, Tradisi Molang Areh Masyarakat Madura memiliki corak, karakter dan sifat yang berbeda dengan masyarakat jawa.sebagian besar masyarakat Madura itu unik, estetis dan agamis, hal ini dapat dilihat dari banyaknya masjid dimadura. Adapun tradisi yang masih eksis dilakukan oleh mayoritas orang Madura terutama di Kabupaten Sumenep adalah tradisi yang berhubungan dengan keagamaan terutama salah satunya tradisi molang areh. dimana tradisi ini adalah sebuah tradisi yang menyambut kehadiran bayi pada saat berumur 35-40 hari dari kelahiran, dengan maksud semata-mata bersyukur kepada Allah serta mengharap bayi tersebut bisa menjadi anak yang sholeh sholehah kelak. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana pandangan serta upaya masyarakat untuk tetap melestarikan tradisi molang areh di Dusun Aeng Bato Desa Kapedi Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Kedua, Bagaimana pelaksanaan tradisi molang areh di Dusun Aeng Bato Desa Kapedi Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Ketiga, Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam tradisi molang areh di Dusun Aeng Bato Desa Kapedi Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Masyarakat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Prosesi pelaksanaan tradisi molang areh dilakukan oleh masyarakat pada bayi berusia 40 hari, dalam acara ini meliputi membaca tahlil, khotmil Qur’an, solawatan/barsanji, mengunting rambut bayi setidaknya 3 helai dan meniup ubun- ubun bayi secara bergantian dengan diiringi solawat nabi. Kedua, nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi molang areh adalah sebagai berikut; Nilai aqidah, Nilai ibadah, Nilai ukhuwah islamiyah, dan Nilai dakwah Ketiga, . Pandangan dan upaya masyarakat untuk tetap melestarikan tradisi molang areh untuk melakukan permohonan pada Tuhan sudah mengkaruniakan keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan pada bayi dan keluarga baik di dunia maupun di akhirat. Sedangkan upaya masyarakat dalam mempertahankannya adalah Mayarakat tetap melaksanakan tradisi molang areh setiap ada terdapat proses kelahiran dan Mengajak anak muda dalam ikut andil dalam tadisi molang areh sehingga tradisi tersebut tetap terus berlanjut meskipun orang-orang tua sudah tidak ada dan bahkan hal tersebut merupakan pembelajan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:57
Last Modified: 12 Dec 2023 07:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4639

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item