Rosalita, Fitri Nia (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Film Animasi Upin Ipin Dalam Meningkatkan Nilai-nilai Keagamaan Siswa Kelas V Di SDN Tanjung 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381012061_SAMPUL.pdf Download (220kB) |
|
Text
18381012061_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text
18381012061_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (294kB) |
|
Text
18381012061_ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
18381012061_DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
|
Text
18381012061_BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text
18381012061_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
Text
18381012061_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
18381012061_BAB IV.pdf Download (416kB) |
|
Text
183812061_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
18381012061_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (266kB) |
|
Text
18381012061_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (287kB) |
Abstract
Kata Kunci:Media Pembelajaran, Film Animasi Media pembelajaran merupakan teknik pembawa informasi atau pesan pembelajaran. Film animasi merupakan salah satu media pembelajaran, dengan demikian film animasi dapat digunakan oleh guru untuk menumbuhkan perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan. Berdasarkan konteks penelitian, terdapat 3 fokus yang digunakan, yaitu pertamaBagaimana penggunaan media pembelajaran film animasi Upin Ipin dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa kelas V di SDN Tanjung 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kedua Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media pembelajaran film animasi Upin Ipin dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa kelas V di SDN Tanjung 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan.Ketiga Bagaimana implikasi penggunaan media pembelajaran film animasi Upin Ipin dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa kelas V di SDN Tanjung 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Tanjung 1 Pademawu. Sumber data dari penelitian diperoleh dari guru mata pelajaran Agama. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, langkah-langkah penggunaan media pembelajaran film animasi Upin Ipin dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa. Kedua, pada faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media pembelajaran film animasi faktor pendukungnya dilihat dari adanya sarana yaitu semua perangkat peralatan, bahan, dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan disekolah seperti proyektor, laptop, komputer dan buku. Dan prasarana yaitu perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pendidikan disekolah seperti gedung, sekolah dan bangku. Sedangkan faktor penghambatnya dilihat dari terbatasnyamaterirekaman, program tidak dapat diulang, tersedianya waktu untuk menggunakan audio visual dan kedisiplinan guru. Ketiga, implikasi dapat dilihat dari adanya dampak positif dan dampak negatif bagi siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 05:00 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 05:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4641 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |