Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PAI dalam Pembinaan Karakter Siswa/i di SMP Madinatul Ulum Sumber Batu Banyupelle Palengaan Pamekasan

Sulaihah, Sulaihah (2022) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PAI dalam Pembinaan Karakter Siswa/i di SMP Madinatul Ulum Sumber Batu Banyupelle Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sulaihah_19381012027_COVER_PAI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_BAB 1_PAI.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_BAB IV_PAI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Sulaihah_19381012027_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (310kB)

Abstract

Kata Kunci: Model, Portofolio, Karakter Dalam penelitian ini Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa/i di SMP Madinatul Ulum Sumber Batu Banyupelle Palengaan Pamekasan, dimana model pembelajaran berbasis portofolio sudah digunakan selama tiga tahun yang lalu dan sudah berjalan dengan lancer dalam proses belajar mengajar di sekolah serta sudah memenuhi standar pendidikan yang telah ditentukan. Adapun permasalahan yang peneliti temukan yaitu, pembelajaran pendidikan agama islam hanya berpusat pada guru, siswa sangat kurang aktif menanggapi beberapa pertanyaan guru, kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PAI karena pembelajaran didominasi guru, kurangnya perhatian dan minat siswa dalam proses pembelajaran PAI, dan sarana dan prasarana belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa/i di SMP Madinatul Ulum Sumber Batu Banyupelle Palengaan Pamekasan dan untuk mengetahui Problematika Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa/i di SMP Madinatul Ulum Sumber Batu Banyupelle Palengaan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif, yaitu suatu penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang di peroleh langsung dari lapangan wilayah penelitian. Dengan sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasi adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa/i SMP madinatul ulum sumber batu banyupelle palengaan pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PAI dalam Pembinaan Karakter Siswa/i di SMP Madinatul Ulum Sumber Batu Banyupelle Palengaan Pamekasan, dapat mendorong siswa/i untuk berpikir aktif. Dalam proses pembelajaran siswa/i harus mau dan mampu melakukan sesuatu untuk memperkaya pengalaman dan diharapkan siswa/i mampu membangun pemahaman terhadap dunia sekitar, kemudian siswa/i diberi kesempatan untuk mencari informasi baik melalui internet/tv/radio maupun orang, menentukan objek yang akan dibahas dan kemudian siswa/i merumuskan langkah untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Kedua, yang mempengaruhi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PAI alam Pembinaan Karakter Siswa/i di SMP Madinatul Ulum Sumber Batu Banyupelle Palengaan Pamekasan, yaitu kurangnya waktu dalam pembelajaran, kurang tersedianya fasilitas yang berkaitan dengan model pembelajaran berbasis portofolio, kurangnya lingkungan yang mendukung karakter siswa/i yang cenderung kurang disiplin dan bertanggung jawab dalam membantu tugas dan kurangnya pelatihan tentang model-model pembelajaran yang inovatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:59
Last Modified: 11 Dec 2023 04:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4648

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item