Alamsyah, Ahmad Ghifari (2022) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Strategi Team Quiz Pada Pelajaran SKI Kelas VIII di MTsN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_Cover_PAI.pdf Download (291kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (116kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (168kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_Abstrak_PAI.pdf Download (8kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (361kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_BAB I_PAI.pdf Download (497kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_BAB IV_PAI.pdf Download (493kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (299kB) |
|
Text
Ahmad Ghifari Alamsyah_18381011019_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf Download (141kB) |
Abstract
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Peserta didik, Strategi Team Quiz Bermain quiz atau biasa dikenal dengan strategi Team Quiz merupakan kegiatan tanya jawab antar kelompok. Dalam kegiatan bertanya dan menjawab tersebut akan terjadi proses belajar yang tidak membosankan. Pada proses pembelajaran yang menggunakan strategi tim quiz ini, siswa bersama dengan timnya mempelajari materi dalam lembaran kerja yang berupa fenomena atau data-data, mendiskusikan data tersebut, saling memberikan arahan, saling memberi pertanyaan dan jawaban kemudian mempresentasikan hasilnya kepada kelompok lain. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada siswa merupakan data-data hasil percobaan yang didiskusikan dengan teman kelompoknya, sehingga siswa memperoleh pengetahuan dengan cara menganalisa suatu masalah. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan permasalahan tersebut terdapat dua fokus kajian utama dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Bagaimana upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi team quiz pada pelajaran SKI kelas VIII di MTsN 1 Pamekasan?, kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi team quiz pada pelajaran SKI kelas VIII di MTsN 1 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat unsur, yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dua siklus, dan setiap siklusnya menerapkan keempat unsur dari model Kemmis dan Taggart tersebut. Data yang diperoleh peneliti yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi partisipan, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa: pertama, penerapan strategi Team Quiz berjalan dengan sangat baik. Meskipun beberapa siswa masih kurang bersemangat mengikuti pembelajaran disiklus pertama, hal itu berbanding terbalik dengan siklus kedua dimana siswa mulai aktif dalam mengikuti pembelajaran serta tanya jawab dengan peneliti. Hasil dari penerapan strategi Tean Quiz pada siklus pertama cukup baik, dimana pada siklus pertama nilai prosentase aktivitas belajar yang didapat yaitu 68,57% dan dengan nilai rata-rata 66,25. Dan mengalami peningkatan pada siklus kedua dengan memperoleh nilai prosentase aktivitas peserta didik 77,14% dan memperoleh nialai rata-rata 74,75. Kedua, pendukung pada penerapan strategi Team Quiz dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran SKI kelas VIII MTsN 1 Pamekasan yaitu adanya motivasi dalam belajar, minat belajar siswa, suasana kelas, sedangkan penghambatnya yaitu, perbedaan tingkat pemahaman siswa, sikap siswa, waktu pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:57 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:57 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4657 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |