Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Sumber Payung Sumenep

Firdausiyah, Wildan (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Sumber Payung Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_Cover_PGMI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_Abstrak_PGMI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_BAB I_PGMI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_BAB IV_PGMI.pdf

Download (650kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_Daftar_Putaka_PGMI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Wildan Firdausiyah_19381052066_Surat_Pernyataan _Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar, Multimedia Interaktif, Tematik Rendahnya hasil belajar peserta didik karena pembelajaran yang masih bersifat stagnan dengan metode konvensional yang mendominasi sehingga menyebabkan suasana pembelajaran yang membosankan serta materi yang diberikan hanya tersimpan dalam memori saja tanpa adanya pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V MI Sumber Payung Sumenep, 2) mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V MI Sumber Payung Sumenep, 3) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar kelas V MI Sumber Payung Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode mixing methode melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dengan dua putaran siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Sumber Payung Sumenep tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. KKM untuk pembelajaran tematik kelas V MI Sumber Payung Sumenep adalah 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam hasil belajar dengan menggunakan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V MI Sumber Payung. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penilaian siswa pada setiap siklusnya. Prasiklus ketuntasan belajar siswa adalah 0%, siklus 1 mencapai 30%, dan siklus 2 mencapai 86,67%. Upaya meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik kelas V MI Sumber Payung adalah dengan melakukan beberapa langkah yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua putaran siklus. Adapun kelebihan penggunaan multimedia interaktif adalah memperjelas penyampian materi, peserta didik mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, terciptanya suasana pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan inovatif, meningkatkan motivasi, minat, dan hasil belajar, dapat melihat objek secara langsung, tidak terbatas ruang dan waktu sedangkan kekurangan penggunaan multimedia interaktif adalah dalam proses pembuatannya membutuhkan skill khusus dan waktu yang cukup lama

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:56
Last Modified: 11 Dec 2023 04:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4662

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item