Nurbuaningsih, Aliftika (2022) Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tlambah 2 Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (86kB) |
|
Text
HAL_PERSETUJUAN.pdf Download (200kB) |
|
Text
HAL_PENGESAHAN.pdf Download (349kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB_1.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
BAB_4.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR_RUJUKAN.pdf Download (117kB) |
|
Text
HAL_KEASLIAN_TULISAN.pdf Download (315kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Minat Belajar Adanya minat belajar yang fluktuatif bahkan cenderung menurun pada siswa kelas V SDN Tlambah 2 Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang. Kreatifitas guru dapat juga meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan memotivasi peserta didik, melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan tekhnologi serta memberikan penugasan yang bervariasi seperti membuat gambar, membuat berbagai keterampilan sehingga siswa bersemangat dan minat belajarnya meningkat. Oleh karena itu, guru harus memberikan kreatifitas pada saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media yang bisa dijadikan bahan pelajaran, dan memberikan sesuatu yang berbeda agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan ketika guru menjelaskan materi. Tujuan penelitian yaitu: Pertama, untuk mengetahui kreativitas guru kelas V SDN Tlambah 2 Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru Kelas V SDN Tlambah 2 Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif atau analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Digunakan tiga prosedur pengumpulan data yaitu: wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi lainnya berupa kepala sekolah, wali kelas V SDN Tlambah 2 untuk menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan peneliti dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas yang dilakukan oleh guru kelas V SDN Tlambah 2 Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang terdapat poin berfikir inovatif dan out of the box, percaya diri dan selalu ingin berkembang, mengikuti teknologi yang ada, selalu mencoba hal yang baru dan mengajar dengan cara yang menyenangkan. Oleh karena itu siswa akan bersemangat dalam pembelajaran dan merasa senang, nyaman, mengerti apa yang sedang guru jelaskan. Faktor pendukung kreativitas guru Kelas V SDN Tlambah 2 Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang dari seluruh keluarga besar SDN Tlambah 2 dan dari Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan. Faktor penghambat kreativitas guru Kelas V SDN Tlambah 2 Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang berasal dari diri sendiri, juga dana yang kurang mencukupi untuk kebutuhan sekolah seperti komputer serta waktu guru yang sedikit pada saat mengajar karena harus mengikuti kalender akademik yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:56 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4663 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |