Arifah, Jihan (2022) Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V SDN Tagangser Daya 1 Pasean. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381052039_SAMPUL.pdf Download (120kB) |
|
Text
18381052039_PERSETUJUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
18381052039_PENGESAHAN.pdf Download (356kB) |
|
Text
18381052039_ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text
18381052039_DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
|
Text
18381052039_BABI.pdf Download (217kB) |
|
Text
18381052039_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
18381052039_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
18381052039_BABIV.pdf Download (458kB) |
|
Text
18381052039_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
18381052039_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (151kB) |
|
Text
18381052039_KEASLIAN_TULISAN.pdf Download (316kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak, Cerita,Model Quantum Teaching. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa terhadap materi menyimak cerita. Hal itu terjadi karena proses pembelajaran yang cenderung pasif serta penggunaan media pembelajaran yang tidak dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran menyebabkan siswa tidak mendapatkan kemampuan menyimak secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan bagaimana cara meningkatkan proses pembelajaran menyimak cerita kelas V SD Negeri Tagangser Daya 1 Pasean, dan (2) untuk menjelaskan kemampuan menyimak cerita menggunakan metode quantum teaching pada kelas V SD Negeri Tagangser Daya 1 Pasean. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tagangser Daya 1 Pasean tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 33 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. KKM untuk mata pelajaran Tematik di kelas V SD Negeri Tagangser Daya 1 Pasean adalah 70. Penerapan model quantum teaching pada penelitian ini yaitu:1) Guru mempersiapkan media yang diperlukan,2) Guru menjelaskan rencana pembelajaran,3) Guru menjelaskan materi menyimak cerita secara perlahan dan jelas,4) Guru mengajak siswa untuk membentuk kelompok, 5) Guru mengajak siswa menyimak cerita bersama-sama dengan menggunakan audio visual, 6) Guru memberikan siswa lembar tes, 7) Guru menyuruh siswa untuk menjelaskan kedepan hasil simakannya, 8) Guru memberikan hasil kesimpulan, 9) Guru mengajak siswa mengisi angket, 9)Evaluasi dan Penutup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita siswa dalam materi menyimak ceritapada kelas V SD Negeri Tagangser Daya 1 Pasean. Hal ini dapat dibuktikan dari data ketuntasan aktivitas siswa, data ketuntasan hasil belajar siswa, persentase ketuntasan aktivitas siswa, dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Hasil penelitian siklus I ternyata kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SDN Tagangser Daya 1 Pasean ternyata naik lagi menjadi 428 rata-rata 12,9. Pada pelaksanaan siklus II hasil penelitian meningkatkan minat belajar peserta didik adalah dalam kategori baik dengan nilai 519 dengan rata-rata 15,72, dengan persentase ketuntasan sebesar 80%. Sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan berhasil karena telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:55 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:55 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4670 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |