Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran PKN Melalui Metode Cooperative Learning Model Make A Match di kelas V SDI Mabdaul Falah

risqiyah, Sitti Qurratul (2022) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran PKN Melalui Metode Cooperative Learning Model Make A Match di kelas V SDI Mabdaul Falah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_Cover_PGMI.pdf.pdf

Download (108kB)
[img] Text
c)Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
d) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
e) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_ Abstrak_PGMI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
f) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
g) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_BAB I_PGMI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
h) Sitti Qurratul Risqiyah_ 18201501050089-BAB II_ PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
i) Sitti Qurratul Risqiyah_ 18201501050089_ BABIII_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
j) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_BAB IV_PGMI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
k) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
l) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
b) Sitti Qurratul Risqiyah_18201501050089_Surat_Peryataan Keaslian_Karya_Persetujuan Publikasi_Pgmi.pdf.pdf

Download (71kB)

Abstract

Kata kunci: Minat Belajar, Pembelajaran PKN, Metode Cooperative Learning, Model Make A Match. Minat memang sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Cara mengajar guru yang hanya berfokus pada buku panduan, tidak penah menggunakan metode-metode tertentu. Hal tersebut juga menjadi pemicu kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran Rendahnya minat belajar siswa berdasarkan data pengamatan terhadap siswa dan wawancara dengan guru. Maka Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa dalam pemberlajaran PKN dengan menerapkan metode cooperative learning model make a match. Ada dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan metode cooperative learning model make a match pada mata pelajaran PKN dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas V SDI Mabdaul Falah. Kedua, bagaimana hasil penerapan metode cooperative learning model make a match untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDI Mabdaul Falah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Namun, apabila pada siklus pertama penelitian ini sudah bisa dikatakan berhasil, maka siklus kedua tidak akan dilaksanakan. Apabila pada siklus pertama masih belum mencapai keberhasilan, maka akan dilanjutkan pada siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode cooperative learning model make a match dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajran PKN. Hal ini dapat di lihat dari persentase ketuntasan siswa meningkat dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan siswa pada pra siklus adalah 23%, sedangkan persentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 57% dan pada siklus II adalah 90%. Oleh karena itu, penggunaan metode dan model dalam proses pembelajaran itu perlu dilakukan, agar siswa tidak merasa bosan dan tetap bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru jika selalu terus menerus digunakan tanpa adanya inovasi maka tentu akan menjadi penyebab tidak bersemangatnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut nantinya juga akan menjadi penyebab tidak dapat meningkatnya minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:55
Last Modified: 11 Dec 2023 04:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4671

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item