Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas IV MI Hidayatul Anam Di Desa Palesanggar, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan

Anam, Ach. Khoiril (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas IV MI Hidayatul Anam Di Desa Palesanggar, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_Cover_PGMI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_Abstrak_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_BAB I _PGMI.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_BAB IV_PGMI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Ach. Khoiril Anam_18381051004_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Kata kunci : Metode Cooperative Script, Minat elajar Metode cooperative dalam pengembangannya telah mengalami banyak adaptasi sehingga melahirkan beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit berbeda antara satu dengan yang lainnya. Metode cooperative script adalah pembelajaran yang mengatur interaksi peserta didik seperti ilustrasi kehidupan sosial peserta didik dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga dan masyarakat. Dengan adanya metode cooperative script dalam matapelajaran bahasa Indonesia kemungkinan dapat melatih keterampilan menyimak siswa saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : Pertama, bagaimana penerapan metode pebelajaran Cooperative script?. Kedua, Bagaimana hasil peningkatan Minat belajar siswa sesudah menggunakan penerapan metode pembelajaran Coperative script ?. Ketiga, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat di dalam penerapan metode pembelajaran Cooperative script untuk meningkatkan minat belajar siswa?. Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Coopertaive script, untuk mengetahui hasil dari minat belajar siswa dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode Coopertive script. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif. Hasil dari deskripsi pada skripsi ini diperoleh dari hasil observasi, peneliti dapat mengamati langsung kelapangan saat kegiatan pembelajaran pada saat menggunakan metode Cooperative script, selain itu peneliti juga menggunakan wawancara secara langsung kepada sumber data, serta adanya dokumentasi sebagai pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, penerapan metode cooperative scrpt pada mata pelajara bahasa indonesia di kelas IV MI Hidayatul Anam Di Desa Palesanggar, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan yaitu : penerapan metode ini di mulai dari siswa di bagi kelompok, di berikan materi untuk di baca dan di fahami, di suruh maju kedepan secara bergantian, menyimpulkan kedua, hasil dari penerapan metode Coopertive scrip ini yaitu siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan rasa minat belajar siswa meningkat terlihat dari kesemangatan mereka ketika mengikuti pembelajaran dan konsentrasi pada guru dan mata pelajaran terlihat dengan adanya meraka dapat menjabarkan (menjelaskan) dari hasil apa yag mereka peroleh dari bacaan yang telah dibaca dan disimpulkan, ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Coopertive script yaitu pertama faktor pendukung yaitu Guru yang menyenangkan, alat dan sumber belajar., kedua, waktu dan karakter siswa yang berbeda-beda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:55
Last Modified: 11 Dec 2023 04:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4672

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item