Peran Wali Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas II di SDI Al-Furqan

Ningsih, Endang Yuliawati (2022) Peran Wali Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas II di SDI Al-Furqan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_Cover_PGMI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_Lembar_Persetujuan_pembimbing_PGMI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_Abstrak_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_BAB I_PGMI.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_BAB IV_PGMI.pdf

Download (500kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Endang Yuliawati Ningsih_19381052013_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (202kB)

Abstract

Kata Kunci: Wali Kelas, Kesulitan Belajar Kesulitan belajar adalah gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologis yang menyebabkan keadaan siswa tidak dapat belajar secara maksimal, ganngguan ini menyebabkan kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran secara normal. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI AL-Furqon. Kedua, apa saja faktor penghambat dan pendukung wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI AL-Furqon. Ketiga, seberapa besar pengaruh peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI Al-Furqon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh berupa wawancara (terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan pasif dan terus terang atau samar) dan dokumentasi, dengan informan wali kelas II, kepala sekolah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan dan peningkatan ketekunan dalam penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI AL-Furqon adalah memberikan motivasi kepada siswa agar siswa tetap semangat dalam belajar dan tidak pernah pantang menyerah, memberikan latihan kepada siswa kelas II sampai siswa benar-benar bisa mengerjakan, ketika tinggal sedikit siswa yang tidak paham, wali kelas menerangkan kembali menggunakan pendekatan personal atau bisa di sebut one by one, serta memberikan waktu khusus pada saat jam istirahat kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar yaitu membaca. Kedua, faktor penghambat dan pendukung wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI AL-Furqon, faktor pendukung adalah dari orang tua siswa, dalam diri siswa sendiri dimana siswa sangat semangat dalam melakukan bimbingan membaca dan berhitung pada saat jam istirahat. Faktor penghambat adalah siswa yang tidak masuk ke sekolah, kurangnya fasilitas yang memadai, dan teman luar sekolah atau lingkungan sekitar. Ketiga, pengaruh peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI Al-Furqon adalah Pengaruh wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu orang tua yang menyemangatkan dengan cara memberikan motivasi siswa di rumahnya sedangkan wali kelas yang mengontrol semua pemahaman siswa di sekolah. Jadi wali kelas mempenyai peran yang lebih besar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:53
Last Modified: 11 Dec 2023 04:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4676

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item