Haq, Sofwanul (2022) Urgensi Profesionalisme Guru Dalam Prestasi Siswa Di SDN Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sofwanul Haq_18381051095_Cover_PGMI.pdf Download (64kB) |
|
Text
18381051095_Lembar persetujuan pembimbing.pdf Download (147kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (146kB) |
|
Text
Sofwanul Haq_18381051095_Abstrak_PGMI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Sofwanul Haq_18381051095_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (189kB) |
|
Text
Sofwanul Haq_18381051095_BAB I_PGMI.pdf Download (325kB) |
|
Text
Sofwanul Haq_18381051095_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
Sofwanul Haq_18381051095_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
Sofwanul Haq_18381051095_BAB IV_PGMI.pdf Download (446kB) |
|
Text
Sofwanul Haq_18381051095_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
Text
Sofwanul Haq_18381051095_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (302kB) |
|
Text
Surat Keaslian Tulisan.pdf Download (139kB) |
Abstract
Kata Kunci: Urgensi Profesionalisme Guru, Prestasi Siswa Profesionalisme guru merupakan hal yang paling penting dalam dunia pendidikan. Guru adalah seorang pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih serta mengevaluasi siswa. Profesionalisme seorang guru sangat diperlukan, karena guru yang profesionalisme dalam mengajar akan menciptakan suatu pembelajaran yang maksimal dan tersusun secara rapi. Profesionalisme seorang guru lebih memprioritaskan hasil yang baik. Prestasi merupakan daya penggerak untuk mencapai taraf prestasi belajar yang setinggi mungkin demi pengharapan kepada dirinya sendiri. Berdasarkan penjelasan tersebut, terdapat dua fokus dalam penelitian yang menjadi pokok pembahasan. Pertama bagaimana profesionalisme guru terhadap motivasi prestasi siswa di SDN Pakong 2 Pamekasan, Kedua apa faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru terhadap motivasi prestasi siswa di SDN Pakong 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif sumber data yang diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Adapun informasi yang diperoleh dari kepala sekolah SDN Pakong 2 Pamekasan, Guru, dan Siswa. Peneliti mengecek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, Profesionalisme guru menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam dunia sebab guru yang profesional akan memenuhi standart dan kompetensinya akan melahirkan peserta didik berprestasi. Kedua, Faktor pendukung guru dapat dikatakan profesional ketika dia bisa menggunakan teknologi dengan baik, senantiasa mengembangkan kemampuan secara berkelanjutan baik dalam segi ilmu maupun pengalaman, mengetahui serta menguasai situasi kelas saat kegiatan belajar mengajar. Faktor penghambat guru yaitu tidak ada motivasi diri guru, tidak adanya kesadaran guru, ketidaksiplinan, rendahnya tingkat pendidikan guru dan kurangnya sarana dan prasarana
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4681 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |