Penggunaan Media Pembelajaran Kreasi Papan Perkalian Untuk Meningkatkan Pengetahuan Berhitung Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas II di SDN Polagan I Galis Pamekasan

A’yun, Qurrota (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Kreasi Papan Perkalian Untuk Meningkatkan Pengetahuan Berhitung Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas II di SDN Polagan I Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_Cover_PGMI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_Abstrak_PGMI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_BAB I_PGMI.pdf

Download (514kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_BAB IV_PGMI.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Qurrota A'yun_19381052077_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PGMI.pdf

Download (254kB)

Abstract

Kata kunci: pengetahuan berhitung, kreasi papan perkalian Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan berhitung perkalian pada siswa kelas II di SDN Polagan I mata pelajaran matematika dikarenakan kurangnya kreativitas guru untuk menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa kurang fokus dan kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran kreasi papan perkalian dalam meningkatkan pengetahuan berhitung matematika materi perkalian pada siswa kelas II pada mata pelajaran Matematika di SDN Polagan I Galis Pamekasan. Untuk mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan dan juga hasil dari penerapan media pembelajaran kreasi papan perkalian pada siswa kelas II di SDN Polagan I Galis Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (kualitatif dan kuantitatif) melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tindakan dari masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan, dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan dari Penelitian Tindakan kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk perencanaan dalam penelitian ini harus menentukan waktu pelaksanaan, menyiapkan RPP, membuat media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, menyiapkan lembar observasi siswa selama pembelajaran, dan juga menyiapkan soal pre test–post test. Pada tahap pelaksanaan dimulai dari kegiatan awal yaitu mengucapkan salam, membaca do’a, melakukan absensi, guru menjelaskan tentang materi perkalian dan dilanjutkan dengan pengerjaan pre test. Pada kegiatan inti, peneliti menjelaskan materi tentang perkalian menggunakan media pembelajaran kreasi papan perkalian dan melibatkan siswa untuk berpartisipasi aktif supaya dapat mengerjakan latihan soal ke depan menggunakan media pembelajaran. Sebelum akhir pembelajaran, siswa mengerjakan post test yang sudah diberikan oleh peneliti, setelah selesai langsung dikumpulkan dan pembelajaran diakhiri dengan membaca do’a bersama-sama. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pengetahuan berhitung matematika materi perkalian pada siswa kelas II pada mata pelajaran Matematika melalui media pembelajaran kreasi papan perkalian di SDN Polagan I Galis Pamekasan. Telah dibuktikan dari hasil belajar dalam setiap akhir siklus. Pada tahap pra siklus presentase siswa mencapai 42,85% mengalami peningkatan pada siklus 1 yaitu mencapai 74,28% sedangkan pada siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 91,42% .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:47
Last Modified: 11 Dec 2023 04:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4683

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item