Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada Mata Pelajaran IPS Kelas III di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan

Suryani, Ade Ira (2022) Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada Mata Pelajaran IPS Kelas III di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Ade Ira Suryani_18201501050004_Cover_PGMI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
c) Ade Ira Suryani_18201501050004_Lembar_Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
d) Ade Ira Suryani_18201501050004_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
e) Ade Ira Suryani_18201501050004_Abstrak_PGMI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
f) Ade Ira Suryani_18201501050004_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
g) Ade Ira Suryani_18201501050004_BAB I_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
h) Ade Ira Suryani_18201501050004_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
i) Ade Ira Suryani_18201501050004_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
j) Ade Ira Suryani_18201501050004_BAB IV_PGMI.pdf

Download (390kB)
[img] Text
k) Ade Ira Suryani_18201501050004_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
b) Ade Ira Suryani_18201501050004_Surat_Pernyataan_Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (255kB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Media Gambar Dari hasil observasi awal di SDN Larangan Badung 1 guru masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar sehingga motivasi siswa untuk belajar masih kurang. Siswa kurang antusias dalam belajar karena proses pembelajaran masih bersifat teacher centered, selain itu materi pelajaran IPS yang disampaikan bersifat teori sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Media gambar merupakan media pembelajaran yang kooperatif sehingga proses pembelajaran jadi menyenangkan dan dengan menggunakan media gambar ini dapat mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: pertama Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan? kedua Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di SDN Larangan Badung 1 setelah menerapkan penggunaan media gambar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Larangan Badung 1. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus 1 pertemuan pertama menunjukkan rata-rata persentase motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori kurang sekali yaitu 37,5% dan pada pertemuan kedua rata-rata presentase motivasi belajar siswa mencapai 57,5%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan meskipun masih belum mencapai indikator keberhasilan yiatu 75% dalam kategori cukup. Pada pertemuan kedua rata-rata presentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai 85% dengan kategori baik sekali

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:47
Last Modified: 11 Dec 2023 04:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4685

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item