Fatisukma, Anna (2022) Meningkatkan Motivasi Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Dengan Media Gambar Pada Kelas IV Di Mi Bustanul Mubtadiin Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Anna Fatisukma_18201501050014_Cover_PGMI.pdf Download (110kB) |
|
Text
c) Anna Fatisukma_18201501050014_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (320kB) |
|
Text
d) Anna Fatisukma_18201501050014_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf Download (424kB) |
|
Text
e) Anna Fatisukma_18201501050014_Abstrak_PGMI.pdf Download (31kB) |
|
Text
f) Anna Fatisukma_18201501050014_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (168kB) |
|
Text
g) Anna Fatisukma_18201501050014_BAB I_PGMI.pdf Download (264kB) |
|
Text
h) Anna Fatisukma_18201501050014_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
i) Anna Fatisukma_18201501050014_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
j) Anna Fatisukma_18201501050014_BAB IV_PGMI.pdf Download (830kB) |
|
Text
k) Anna Fatisukma_18201501050014_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
l) Anna Fatisukma_18201501050014_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (133kB) |
|
Text
b) Anna Fatisukma_18201501050014_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PGMI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: Model Pembelajaran Make aMatch, Motivasi Belajar Penguasaan metode pembelajaran sangat penting bagi guru, karena kalau hanya dengan metode ceramah saja tanpa disertai praktek sulit bagi siswa untuk memahami materi. Begitulah yang terjadi di MI Bustanul Mubtadiin Poppo Pamekasan, siswa hanya mendapatkan materi tanpa disertai praktek pada penggunaan teori dalam kehidupan nyata. Akibatnya hasil belajar siswa rendah. Sehingga peneliti tertarik untuk mencoba menggunakan model pembelajaran make a match dalam mata pelajaran IPS kelas IV pada bagian Sumber daya alam dan pemanfaatannya, untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada kelas IV MI Bustanul Mubtadiin Proppo Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut maka beberapa permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran make a match dengan media gambar pada kelas IV MI Bustanul Mubtadiin Proppo Pamekasan. Bagaimana peningkatan motivasi belajar IPS setelah menerapkan model pembelajaran make a match dengan media gambar pada kelas IV MI Bustanul Mubtadiin ProppoPamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kela IV yang berjumlah 8 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPS, peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari meningkatnya hasil ketuntasan belajar siswa dari rata- rata nilai pada data awal siswa yaitu 57,5 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 25% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 67,5 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 62% dan pada akhir siklus kedua nilai rata- rata siswa naik menjadi 76 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 87%. Selain itu untuk memperkuat penelitian, peneliti juga melakukanpostes pada pasca siklus dengan nilai rata- rata siswa yaitu 84 dengan ketuntasan belajar siswa yang mencapai 100% . Untuk keaktifan juga mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4686 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |