Peran Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Aini, Indah Nor (2022) Peran Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_Cover_PGMI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_Lembar Pengesahan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_Abstrak_PGMI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_BAB I_PGMI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_BAB IV_PGMI.pdf

Download (988kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Indah Nor Aini_18381052035_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (230kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kedisisplinan Belajar Penelitian ini membahas tentang Peran Pendidikan Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisisplinan Belajar Siswa di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yang saat ini penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisisplinan belajar siswa di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, bagaimana gambaran kedisiplinan belajar siswa di SDI Matsartul Huda Panempan Pamekasan?. Kedua, bagaimana peran pendidikan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi.Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik, serta orang tua. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, gambaran kedisiplinan yaitu guru disekolah bukan hanya memberikan tugas, tetapi juga memberikan semangat dan nasehat untuk kedisiplinan belajar siswa disekolah. Bukan hanya guru saja tetapi orang tua juga bisa memberikan supprot, perhatian, semangat yang lebih tinggi terhadap siswa atau anak tentunya agar anak menjadi lebih giat dalam proses belajar maupun kedisiplinan belajar baik dari skilnya atau dari peralatannya. Kedua, dalam peran pendidikan orang tua itu sangat penting bagi anak atau siswa, dari rasa kepeduliannya dan juga rasa sayangnya juga sangat penting bagi perkembangan kedisplinan belajar anak atau siswa baik secara lisan maupun secara perlakuan orang tua terhadap anak. Dan peran pendidikan orang tua itu sangat berpengaruh tergantung lingkungannya. Setinggi apapun pendidikannya jika dalam proses kedisiplinan anak atau siswa tidak diperhatikan maka sisi negatif yang diperoleh begitu juga sebaliknya. Bahkan dari siswa juga menginginkan perhatian, dan suprot dari orang tua mereka masing-masing agar giat dan semangat dalam menjalankan proses pembelajaran didalam kelas atau di luar kelas serta dirumah masing-masing, karena perhatian orang tua sangat berarti bagi mereka. Peran pendidikan orang tua tentulah sangat penting bagi meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, baik kedisiplinan belajarnya dirumah maupun disekolah. Tentu di hasil wawancara tersebut ada hal positif dan negatifnya bagi siswa. Dari sisi negatifnya jika orang tua kurang dalam pendidikan atau dalam kedisiplinan, itu akan menyebabkan malasnya siswa dalam kedisiplinan belajar dirumah dan disekolah bahkan sebaliknya dari sisi positif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:19
Last Modified: 11 Dec 2023 04:19
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4698

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item