Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada MateriPertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk HidupKelas 3 di SD Kodik Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan

Wulansari, Irma (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada MateriPertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk HidupKelas 3 di SD Kodik Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_Cover_PGMI..pdf

Download (189kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_persetujuan_pembimbing_PGMI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_lembar pengesahan_PGMI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_Abstrak_PGMI..pdf

Download (194kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_Daftar_Isi_PGMI..pdf

Download (32kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_BAB I_PGMI..pdf

Download (392kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_BAB II_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_BAB III_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_BAB IV_PGMI.(1).pdf

Download (701kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_BAB V_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_Daftar_Pustaka_PGMI..pdf

Download (276kB)
[img] Text
Irma Wulansari_19381052060_surat_pernyataan_keaslian_PGMI.pdf

Download (186kB)

Abstract

Kata kunci :Model pembelajaran kontekstual, Pemahaman siswa, langkah�langkah penerapan model pembelajaran kontekstual Pemahaman siswa pada materi tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidupini masih rendah. Salah satu yang menjadi faktor rendahnya pemahaman siswa yaitu pengaruh model pembelajaran yang digunakan, model pembelajaran yang digunakan masih bersifat kuno yakni model pembelajaran ceramah, sehingga siswa kurang tertarik, kurang memahami serta kurang termotivasi dalam menerima pembelajaran. Hal ini yang menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian mengubah model pembelajaran yang lama atau kuno menjadi model pembelajaran baru yakni model pembelajaran kontekstual. Dalam hal ini terdapat 2 fokus penelitian, yaitu Pertama, Apakah penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas 3 di SD Kodik Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan? Kedua, Bagaimana langkah�langkah penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materipertumbuhan dan perkembangan makhluk hidupkelas 3 di SD Kodik Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan model siklus Kemis dan Robin MC Taggart yang didalamnya terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan atau aksi, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas 3 di SD Kodik Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 4 siswi atau perempuan dan 5 siswa atau laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh : Pertama, Penerapan model pembelajaran kontekstual ini dapat meningkatkan pemahaman siswa. Dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai-nilai tes kemampuan siswa dalam memahami materi yaitu pada tahap prasiklus persentase ketuntasan klasikal sebesar 11,11% lalu meningkat pada tahapan siklus II menjadi 55,55% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II yaitu 88,88%. Kedua, Langkah-langkah penerapan model pembelajaran kontekstual sebagai berikut :Pada pra kegiatan yaitu menyiapkan RPP dan menyiapkan media yang menggunakan model pembelajaran kontekstual. Pada pelaksanaan kegiatan yaitu kegiatan awal, seorang guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari selama pembelajaran berlangsung.Kegiatan inti, penyampaian materi yang dihubungkan dengan lingkungan atau kehidupan nyata serta pemberian tes atau tugas untuk mengetahui pemahaman siswanya.Kegiatan penutup, mengulang kembali materi yang telah dijelaskan sebelumnya dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami oleh siswa. Langkah yang terakhir yaitu melakukan tindak lanjut atau follow up. Jika nilai tes yang diberikan kepada siswa telah mencapai ketuntasan minimal yakni 76%, maka siklus dihentikan.Tetapi jika belum mencapai nilai tersebut maka dilakukan siklus lanjutan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:19
Last Modified: 11 Dec 2023 04:19
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4699

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item