Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN Bulangan Haji 1 Pamekasan

Nisa, Khoirun (2022) Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN Bulangan Haji 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Khoirun Nisa_18381052041_Cover_PGMI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
c) Khoirun_Nisa_18381052041_Lembar_Persetuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
d) Khoirun_Nisa_18381052041_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
e) Khoirun_Nisa_18381052041_Abstrak_PGMI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
j) Khoirun_Nisa_18381052041_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
f) Khoirun_Nisa_18381052041_BAB I_PGMI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
g) Khoirun_Nisa_18381052041_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
h) Khoirun_Nisa_18381052041_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
k) Khoirun_Nisa_18381052041_BAB IV_PGMI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
i) Khoirun_Nisa_18381052041_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
l) Khoirun_Nisa_18381052041_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
b) Khoirun_Nisa_18381052041_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_dan_Persetujuan_Publikasi_PGMI.pdf

Download (189kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar Strategi pengelolaan kelas merupakan bentuk sistem yang memang diciptakan oleh setiap pendidik (Guru) untuk mengkondisikan suasana kelas yang kondusif dan terarah di setiap pertemuan. Hal ini dengan maksud supaya proses belajar mengajar berlangsung tidak terdapat kejenuhan dan siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Motivasi belajar merupakan suatu bentuk dorongan baik dari dalam maupun luar diri siswa untuk melakukan aktifitas belajar. Maka dengan adanya strategi pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menjadi penghubung dalam membentuk sekaligus meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada nantinya akan berdampak kepada prestasi belajarnya baik dari segi akademik maupun non akademik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian, yaitu: pertama bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SDN Bulangan Haji 1 Pamekasan, Kedua apa faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SDN Bulangan Haji 1 Pamekasan dan bagaimna solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, tringaluasi, analisis data, dan uraian rincian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa adalah dengan cara menjaga kebersihan, penataan meja dan kursi, menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk. Menerapkan sikap disiplin kepada siswa untuk membentuk akhlak dan kemandiriannya. Menerapkan metode demonstrasi untuk dijadikan gambaran kepada siswa dalam melakukan kegiatan. Menggunkan metode pembelajaran seperti ceramah diskusi tanya jawab agar proses belajar mengajar didalam kelas tidak bosan. Kedua, Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa beserta solusinya yaitu faktor pendukungnya: Guru aktif inovatif dan kreatif dalam menyusun Strategi Pengelolan Kelas dan Siswa antusias dalam menjalankan arahan dari guru untuk mentaati semua yang disampaikan. Sedangkan faktor penghambatnya: ada beberapa kondisi kelas yang kurang memadai untuk dijadikan tempat belajar karena terdapat kebocoran dan kondisi ruangan yang lembap serta pengap sehingga siswa kurang nyaman dalam belajar. Solusi ynag diterapkan yaitu pihak sekolah akan megubah dengan cara memperbarui kondisi ruangan kelas secara fisik agar tetap tercipta rasa nyaman dalam belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:18
Last Modified: 11 Dec 2023 04:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4700

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item