Upaya Pengenalan Literasi Digital Melalui Aplikasi Youtube Pada Siswa Kelas IV SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan

Romadani, Mufidatul Hasanah (2022) Upaya Pengenalan Literasi Digital Melalui Aplikasi Youtube Pada Siswa Kelas IV SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_SAMPUL_PGMI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R-19381052031_BAB I-PGMI.pdf

Download (433kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_BAB IV_PGMI.pdf

Download (648kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
MUFIDATUL H.R_19381052031-PERNYATAAN KEASLIAN_PGMI.pdf

Download (346kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengenalan Literasi Digital, Aplikasi Youtube. Penggunaan teknologi digital yang terus berkembang saat ini, baik dari kalangan dewasa hingga anak-anak sekolah dasar dengan dampak positif serta negatif yang didapatkan mereka menjadi suatu tantangan khususnya bagi lembaga pendidikan untuk dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi digital, karena banyak siswa yang menggunakan teknologi digital hanya sebatas hiburan dengan jangka waktu yang lama, maka dari itu bisa dilakukan suatu pengenalan literasi digital pada siswa melalui aplikasi youtube. Sehingga dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: pertama bagaimana upaya pengenalan literasi digital melalui aplikasi youtube pada siswa kelas IV di SDN Bicorong 2?, kedua bagaimana penggunaan aplikasi youtube dalam upaya pengenalan literasi digital pada siswa kelas IV di SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan?, ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengenalan literasi digital melalui aplikasi youtube pada siswa kelas IV di SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subyek penelitiannya adalah guru kelas, kepala sekolah dan 5 siswa kelas IV SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan keajegan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, upaya dalam pengenalan literasi digital melalui aplikasi youtube pada siswa kelas IV dilakukan dengan melakukan perizinan atau pemberitahuan kepada kepala sekolah, mempersiapkan materi yang akan diajarkan, menyediakan peralatan yang dibutuhkan, penggunaan aplikasi youtube sebagai media pembelajaran, pelatihan penggunaan teknologi digital melalui aplikasi youtube, kemudian yang kedua, penggunaan aplikasi youtube dalam upaya pengenalan literasi digital digunakan ketika pelatihan dan sebagai media pembelajaran dengan berbagai kelebihan-kelebihan yang dimiliki aplikasi youtube sehingga dipilih guru sebagai suatu media dalam mengenalkan literasi digital kepada siswa, selanjutnya yang ketiga, adapun faktor pendukung dalam kegiatan ini yaitu tersedianya sarana dan prasarana, adanya motivasi dan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi digital, antusias dan semangatnya siswa dalam belajar, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang tersedianya jaringan internet dari sekolah sehingga guru harus menyediakan sendiri, dan waktu yang lumayan lama sehingga membuat siswa kurang kondusif, dan masih ada siswa yang tidak mendengarkan guru ketika menjelaskan di depan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:22
Last Modified: 11 Dec 2023 04:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4704

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item