Kiftiyah, Siti (2022) Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas 4 SDN Gunung Sekar 2 Sampang. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Siti Fatima_19381052044__Cover_PGMI.pdf.pdf Download (204kB) |
|
Text
Siti Fatima_19381052044_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ PGMI.pdf.pdf Download (159kB) |
|
Text
SITI FATIMA_19381052044_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (251kB) |
|
Text
Siti Fatima_19381052044_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf Download (66kB) |
|
Text
Siti Fatima_19381052044_BAB I_PGMI.pdf.pdf Download (276kB) |
|
Text
Siti Fatima_19381052044_BAB II_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
Siti Fatima_19381052044_BAB III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
Siti Fatima_19381052044_BAB IV_PGMI.pdf.pdf Download (469kB) |
|
Text
Siti Fatima_19381052044_BAB V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Motivasi Belajar Salah satu kunci dari berhasilnya kegiatan pembelajaran ada di tangan seorang guru. Tugas guru tidak hanya menyampaikan materi saja, akan tetapi guru juga harus mampu mendorong motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa menjadi optimal. Salah satu hal yang dapat guru lakukan untuk mendorong motivasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan variasi model pembelajaran seperti model pembelajaran scramble. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana perencanaan dalam penyusunan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Gunung Sekar 2 Sampang, kedua bagaimana penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Gunung Sekar 2 Sampang, ketiga bagaimana hasil dari penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Gunung Sekar 2 Sampang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu membuat RPP, mempelajari materi yang akan diajarkan, menyiapkan media, membuat indikator penilaian, Yang kedua, penerapan model pembelajaran scramble, yaitu guru menjelaskan materi, guru membagi kelas menjadi 5 kelompok, guru membagikan media ajar scramble, siswa berdiskusi dan menyelesaikan tugas tersebut bersama teman kelompoknya, perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk membacakan hasil belajar kelompoknya, guru memberi penguatan dan kesimpulan, siswa mengerjakan tes dan mengisi angket. Ketiga, hasil dari penerapan model pembelajaran scramble yaitu adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Nilai rata-rata hasil tes pada saat pra siklus yaitu hanya 58,21, kemudian nilai rata-rata siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,92 dan siklus II meningkat lagi menjadi 84,28. Sedangkan rata-rata persentase motivasi belajar dari data angket juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 84,42% meningkat menjadi 88,28%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:20 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4712 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |