Maulita, Selviana (2022) Penerapan Metode Problem Posing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Montok 1 pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Selviana Maulita_19381052053_Cover_PGMI.pdf Download (31kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (549kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_Abstrak_PGMI.pdf Download (121kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (30kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_BAB 1_PGMI.pdf Download (126kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_BAB IV_PGMI.pdf Download (345kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
Selviana Maulita_19381052053_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (125kB) |
|
Text
Selviana Mulita_19381052053_Surat Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: Metode Problem Posing, Prestasi Belajar, Pelajaran Tematik. Dalam suatu pembelajaran, seorang guru mempunyai cara masing-masing dalam menyampaikan materi pembelajaran pada siswanya. Namun tidak semua metode yang guru gunakan dapat membuat siswa memahami pembelajaran, siswa sering mengalami kebosanan saat proses pembelajaran. Hal tersebut bisa berdampak pada daya fikir siswa, jika siswa hanya dituntut untuk mendengarkan penjelasan guru maka prestasi belajar siswa tidak akan meningkat karena pembelajaran tersebut hanya berpusat pada guru. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan metode Problem Posing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana penerapan metode Problem Posing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan kedua bagaimana hasil dari penerapan metode Problem Posing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Informannya adalah guru kelas IV SDN Montok 1. Analisis data dihitung dengan pedoman penskoran sederhana dengan mencari persentase keberhasilan indikator prestasi belajar siswa. Hasil persentase ditentukan oleh hasil Indikator Penilaian prestasi belajar siswa dari setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan metode Problem Posing di kelas diawali dengan penyampaian materi Tematik Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1, dan dilanjutkan dengan pengenalan metode Problem Posing kepada siswa yaitu metode untuk mencari dan memecahkan suatu permasalahan yang terdapat dalam materi pembelajaran. Setelah itu siswa diminta mengerjakan tugas berupa membuat soal beserta jawabannya terkait materi pelajaran Tematik Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1. Kedua, hasil penerapan metode Problem Posing terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1 secara bertahap pada setiap siklusnya. Untuk hasil persentase pada kegiatan pra siklus yaitu 50%, untuk siklus pertama meningkat menjadi 77%, lalu terjadi peningkatan lagi pada siklus kedua menjadi 100%. Dari hasil persentase tersebut bisa dilihat bahwa prestasi belajar siswa selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dan persentase indikator penilaian daya fikir berhasil mencapai standar minimal pencapaian 90% pada siklus kedua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:32 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4713 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |