Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN Larangan Badung III Pamekasan

Rosidi, Mohammad (2022) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN Larangan Badung III Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_Cover_PGMI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_Halaman_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_BAB I_PGMI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_BAB IV_PGMI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Mohammad Rosidi_20170701051034_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (120kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembebelajaran, audio visual, Motivasi belajar Penerapan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dibuktikan dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis audio visual menjadikan siswa antusias mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian, yaitu : pertama, bagaimana penerapan media Pembelajaran berbasis Audio Visual di SDN Larangan Badung III Pamekasan, kedua, Apa Saja faktor pendukung dan penghambat penerapan media pembelajaran berbasis Audio Visual di SDN Larangan Badung III Pamekasan, ketiga, hasil penerapan media pembelajran berbasis audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun informasi yang diperoleh dari kepala sekolah SDN Larangan Badung III, Guru kelas V, dan siswa-siswi kelas V. Peneliti mengecek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan tekhnik. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan hasil sebagai sebagai berikut; Pertama, penerapan media pembelajaran berbasis audio visual Di SDN Larangan Badung III Pamekasan memberikan kemudahan kepada guru untuk menjelaskan materi yang diberikan kepada murid sehingga dapat membantu mempermudah siswa untuk belajar mandiri dan penerapan media audio visual yang dimiliki sekolah dapat memperlancar penerapan media pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas. Kedua, faktor pendukung dan penghambat penerapan media pembelajaran berbasis Audio Visual di SDN Larangan Badung III Pamekasan, faktor pendukung penerapan ini meliputi; siswa mudah memahami materi yang diberikan oleh guru, antusias siswa mengikuti pelajaran yang tinggi, meningkatnya motivasi belajar siswa, siswa lebih aktif di dalam kelas. Adapun faktor penghambatnya adalah infrastruktur yang kurang memadai dan media bahan ajar yang sangat minim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:31
Last Modified: 11 Dec 2023 04:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4715

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item