Implementasi Inovasi Pendidikan Dalam Pengembangan Bahan Ajar Pelajaran Agama Pada Kelas 1 di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan

Bilhekam, Mohammad Basri (2022) Implementasi Inovasi Pendidikan Dalam Pengembangan Bahan Ajar Pelajaran Agama Pada Kelas 1 di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_Cover_PGMI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_Abstrak_PGMI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_BAB I_PGMI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_BAB IV_PGMI.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Muhammad Basri Bilhekam_20170701051049_Surat_Keaslian_Karya_PGMI.pdf

Download (231kB)

Abstract

Kata Kunci: Inovasi Pendidikan, Pengembangan Bahan ajar Penelitian ini di latarbelakangi oleh faktor kualitas pembelajaran ialah salah satu faktor yang sangat berperan dalam peningkatan mutu pendidikan jadi perbaikan secara terus menerus dengan menerapkan pembelajaran yang inovatif dapat merumuskan strategi belajar guru. Salah satu faktor yang berperan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah kualitas pembelajaran. Langkah pertama yang di lakukan yaitu melakukan perbaikan mengenai cara mengajar tenaga pendidik dengan menggunakan metode atau tekhnik baru dengan inovatif. Berdasarkan hal tersebut, maka ada permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana Bagaimana Langkah�langkah pengembangan bahan ajar pada pembelajaran Agama di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan, Apa saja faktor yang menghambat dalam pengembangan bahan ajar mata pada pembelajaran Agama di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan, dan Bagaimana upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam pengembangan bahan ajar mata pada pembelajaran Agama di SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan Penelitian ini menggunakan penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada quality atau hal yang terpenting dari sifat suatu barang atau jasa.. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Larangan Dalam 2 Pamekasan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi tentang implementasi Inovasi Pendidikan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian yaitu Inovasi adalah sebagai proses dan hasil pengembangan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan dan halaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses dan sistem yang baru. Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang orang yang di turunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain. Salah satunya yang menjadi faktor utama adalah bagaimana inovasi pendidikan dalam mengembangkan media ajar yang dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik sendiri sehingga didalam dirinya tertanam sifat, sikap, karakter, perilaku, terhadap sesama baik manusia, hewan, tumbuhan, alam semesta sesuai dengan inovasi dalam metode, model, dan strategi mengajarnya melalui kegiatan belajar mengajarnya. Implementasi Tahap ini merupakan proses pembelajaran sesungguhnya dengan menerapkan metode, strategi, dan pendekatan yang telah ditetapkan. Penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran menjadi inti dari tahap keempat dalam model pengembangan ADDIE, Pengembangan vi dalam tahap ini, hal-hal yang dilakukan adalah memproduksi bahan ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, dilakukan penilaian terhadap bahan ajar yang telah selesai diproduksi sebelum diimplementasikan lebih lanjut. Faktor yang mempengaruhi inovasi pendidikan dalam pengembangan bahan ajar salah satunya pada kegiatan belajar dimana guru kesulitan dalam mengelola kelas dikarenakan belum adanya kriteria yang baku tentang cara mengelola kelas yang efektif, faktor internal dan eksternal, dan system pendidikan (Pengelolaan dan Pengawasan). Adanya penerapan langkah-langkah pengembangan bahan ajar yang digunakan salah satunya penyusunan bahan ajar dalam kontekstual. Upaya guru untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran. Guru juga harus memahami mengenai manajemen kelas yang bertujuan untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman untuk tempat berlangsungnya proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:28
Last Modified: 11 Dec 2023 04:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4719

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item