Peningkatan Pemahaman Konsep Materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas 4 di SDN Bunder 1 Padamawu Pamekasan

Sari, Novi Indah Puspita (2022) Peningkatan Pemahaman Konsep Materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas 4 di SDN Bunder 1 Padamawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381052034_SAMPUL.pdf

Download (80kB)
[img] Text
19381052034_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
19381052034_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
19381052034_ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
19381052034_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
19381052034_BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
19381052034_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
19381052034_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
19381052034_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19381052034_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
19381052034_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text
19381052034_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (75kB)

Abstract

Kata Kunci : Peningkatan Pemahaman, Pembelajaran Berbasis Proyek Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penggunaan metode pembelajaran yang lain selain penggunaan metode ceramah. Dalam kegiatan belajar mengajar masih terlihat monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya upgrade metode atau cara mengajar yang mengikuti zaman. Sehingga diperlukan adanya penerapan pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sebuah konsep materi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dan pemahaman konsep materi IPAS pada kelas 4 di SDN Bunder 1 Pademawu, Pamekasan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 4 SDN Bunder 1 Pademawu, Pamekasan yang berjumlah 12 siswa. Penelitian ini menggunakna model Mc. Taggart, pada model ini menggunakan beberapa siklus. Indikator pada penelitian ini ditadai dengan perubahan menuju kearah yang lebih baik, adapun indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini standart minimal yang ditentukan yaitu 70% dengan KKM 70. Sedangkan strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : wawancara, tes, observasi aktifitas dan dokumentasi. Penelitian yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang mana setiap siklusnya terdiri atas 2 kali pertemuan. Hasil penelitian yang dilakukan pada tes yang dilaksanakan oleh siswa dihasilkan nilai pada tahap pra-siklus siswa yang memiliki nilai tuntas sebesar 16,60% dengan rata-rata 41,97, pada siklus 1 siswa yang tuntas sebesar 50% dengan rata-rata 62,25 dan pada siklus 2 siswa yang memiliki nilai tuntas 75% dengan rata-rata 74,83. Sedangkan jika dilihat dari observasi aktifitas guru oleh guru pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 82,5% : 90%. Pada observasi aktifitas siswa oleh siswa pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 81,87% : 83,95%. Pada observasi aktifitas siswa oleh guru pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 81,67% : 85%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:33
Last Modified: 11 Dec 2023 04:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4723

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item