Hasunah, Hasunah (2022) Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDI Al-Furqon Lawangan Daya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (263kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (42kB) |
|
Text
HASUNAH_19381052040_HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (56kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (386kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (439kB) |
|
Text
BAB Il KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
BAB IV PAPARAN DATA.pdf Download (466kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (239kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (128kB) |
Abstract
Kata Kunci: Wali Kelas, Hasil Belajar Wali kelas adalah seseorang yang mengurus anak-anak di lingkungan sekolah.wali kelas memiliki tugas dan tanggung jawab khusus dalam mendidik peserta didik, selain mendidik peserta didik wali kelas bertanggung jawab memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa yang kurang dalam pembelajaran di kelas. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar mengajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, sikap keterampilan, dan pemahaman siswa. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok pembahsan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana strategi wali kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDI Al-Furqon. Kedua, Apa saja upaya wali kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDI Al-Furqon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitiam kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah adalah sumber data primer (wali kelas 5, siswa kelas 5 dan kepala sekolah) dan sumber data sekunder (dokumentasi yang memuat semua hal yang diperoleh dari lokasi penelitian). Instrument dan prosedur pengumpulan data yang diperoleh adalah observasi (non partisipan), wawancara (tersetruktur), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data collection, data reduction, data display, verivication. Uji keabsahan menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi wali kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDI Al-Furqon adalah menggunakan model pembelajaran cooperative learning. Dengan cara membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru lalu dipresentasikan didepan kelompok lain. Dan memberikan latihan-latihan soal supaya wali kelas bisa mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa. Kedua, Upaya wali kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDI Al- Furqon dapat dilakukan melalui hasil tes ulangan harian dan latihan soal-soal. Tidak hanya itu upaya wali kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa juga menggunakan perannya sebagai informasi, dimana upayanya adalah dengan memberikan informasi tentang pengetahuan yang mungkin belum siswa terima atau belum siswa ketahui. Selain dari segi pengetahuan wali kelas juga memiliki peran sebagai informasi mengenai pengumuman penting yang ada disekolah. Selain itu, Sebagai pembimbing, wali kelas bertanggung jawab mengelola kelas, membimbing siswanya jika ada materi yang belum dipahami, Selanjutnya, sebagai motivator biasanya wali kelas sebelum memulai pembelajaran memberikan motivasi yang kuat agar siswa-siswinya lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran, selain itu wali kelas harus menjadi panutan siswanya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:33 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:33 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4724 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |