Penerapan Metode Cooperative Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Di MTS Nurul Ulum Banmaleng Kec. Giligenting Kabupaten Sumenep

Yaqin S, Ainul (2022) Penerapan Metode Cooperative Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Di MTS Nurul Ulum Banmaleng Kec. Giligenting Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_Cover_TBIN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_Lembar_Persetujan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_183810229019_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_Abstrak_TBIN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_BAB I_TBIN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_BAB IV_TBIN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Ainul_Yaqin_S_20160701070009_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_Dan_Persetujuan_Publikasi_TBIN..pdf

Download (420kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Cooperative Learning. Metode pembelajaran adalah komponen yang telah dikombinasikan secara optimal untuk kualitas pembelajaran Ada banyak sekali metode yang dapat diterapkan guru dalam menjalankan tugasnya. Dalam Setiap materi pelajaran tentunya membutuhkan penggunaan metode yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran adalah metode cooperative learning. Penelitian ini terfokus dengan tujuan untuk mengetahui dua hal yaitu: satu bagaimana penerapan metode pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTs Nurul Ulum Banmaling Kec. Giligenting Kabupaten Sumenep?, dua apa kendala yang dihadapi ketika penerapan cooperative learning berlangsung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di MTs Nurul Ulum? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan yang kedua yaitu pendekatan secara kualitatif yang bersifat deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variable, gejala atau keadaan kualitative dengan melakukan observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: satu pembelajaran cooperative learning di MTs Nurul Ulum Banmaling Kec. Giligenting Kabupaten Sumenep ialah menekankan pada membentuk kelompok di dalam kelas, yang mana dalam setiap kelompok terdiri dari beberapa siswa yang memiliki tingkat kecerdasan dan karakter yang berbeda, Serta memiliki tugas yang berbeda. Kedua Adapun kendala yang di hadapi ketika metode cooperative learning berlangsung adalah terbatasnya waktu dan kebanyakan tugas yang diberikan kepada siswa hanya dikerjakan oleh sebagian siswa yang aktif saja, sedangkan siswa yang malas malah menyerahkan tugas-tugasnya kepada teman satu kelompok yang lebih aktif, serta hubungan yang tidak harmonis dalam satu kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:32
Last Modified: 11 Dec 2023 04:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4729

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item