Pengaruh Penggunaan Metode Story Telling terhadap Keterampilan Bercerita Fantasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tlanakan

Zahroh, Farichatuz (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Story Telling terhadap Keterampilan Bercerita Fantasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Cover.pdf

Download (93kB)
[img] Text
19381072037_Halaman Persetujuan.pdf

Download (325kB)
[img] Text
19381072037_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
19381072037_ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
19381072037_DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
19381072037_ BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
19381072037_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
19381072037_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
19381072037_BAB IV.pdf

Download (467kB)
[img] Text
19381072037_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
19381072037_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
19381072037_PERYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (91kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Story Telling, Keterampilan Bercerita, Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin rendahnya daya minat siswa untuk bercerita pada mata pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa perlunya menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menunjang minat siswa terhadap keterampilan bercerita. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh penggunaan metode story telling terhadap keterampilan bercerita fantasi pada kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Penelitian ini bertujuan pertama ada tidaknya pengaruh penggunaan metode story teliing terhadap keterampilan bercerita fantasi kurilulum merdeka belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Kedua seberapa besar pengaruh penggunaan metode story teliing terhadap keterampilan bercerita fantasi kurilulum merdeka belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre�eksperimental dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Sumber data diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII E SMPN 1 Tlanakan yang berjumlah 27 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena sampel ini meneliti semua siswa kelas VII E. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: statistik diskripif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis menggunakan paired t test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa. Pertama, ada pengaruh penggunaan metode story telling terhadap keterampilan bercerita fantasi kurilulum merdeka belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Hal tersebut ditunjukan dengan menggunakan uji paired t test yang membuktikan bahwa ditolak dan diterima dengan taraf signifikan < (nilai sign < 0,05) yaitu < (0.000 < 0,05). Kedua seberapa besar pengaruh penggunaan metode story telling terhadap keterampilan bercerita fantasi kurilulum merdeka belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Dalam hal ini membuktikan dengan rumus effect size, diperoleh dengan nilai yaitu pada ketepatan isi 122%, Ketepatan pilihan kata 75, 9%, ketepatan logika sebesar 84, 6%, Ekspresi dan Tingkah Laku 76, 4%, Volume Suara 68%, dan kelancaran 74,5 %.. Hasil teersebut terdapat besar pengaruh yang paling tinggi yaitu pada ketepatan isi yaitu 122%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:36
Last Modified: 11 Dec 2023 04:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4737

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item