Penerapan Metode Problem Solving pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MA Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan

Rifah, Jamilatus (2022) Penerapan Metode Problem Solving pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MA Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_COVER_TBIN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_TBIN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_LEMBAR PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_BAB I_TBIN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_BAB IV_TBIN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_DAFTAR PUSTAKA_TBIN.pdf

Download (490kB)
[img] Text
JAMILATUS RIFAH_18381072070_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (112kB)

Abstract

Kata Kunci :Metode Problem Solving, Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin rendahnya daya tangkap siswa terhadap pemahaman pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa perlunya penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menunjang minat siswa terhadap proses belajar pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memaparkan penerapan metode pembelajaran yang mampu menjawab permasalahan di atas yakni, menerapkan metode Problem Solving pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Fokus yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini yakni: Pertama, Penerapan metode Problem Solving pada pembelajaran bahasa Indonesia di MA Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan. Kedua, Kelebihan dan kekurangan yang dihadapi dari penerapan metode Problem Solving pada pembelajaran bahasa Indonesia di MA Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan. ketiga, Solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi kekurangan pada penerapan metode Problem Solving pada pembelajaran bahasa Indonesia di MA Al-Djufri Aeng Penay Blumbungan. Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif deskriptif. kemudian data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumber datanya yakni, Waka Kurikulum, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X Al-Djufri. Sedangkan Pengecekan keabsahan data yang peneliti lakukan yakni melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi teks biografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Penerapan metode Problem Solving terdapat enam langkah penerapan yaitu: a) Mengidentifikasi permasalahan. b) Penyajian permasalahan. c) Perencanaan pemecahan permasalahan. d) Mengimplementasikan perencanaan pemecahan permasalahan. e) Menilai hasil perencanaan pemecahan permasalahan. f) Menilai hasil pemecahan permasalahan. 2. Kelebihan dalam penerapan metode Problem Solving: a) Siswa menjadi lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. b) Siswa menjadi lebih terampil dalam memecahkan masalah. c) Siswa lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat serta membuat public speaking siswa menjadi lebih baik. iv Kekurangan dalam penerapan metode Problem Solving: a) Terbatasnya waktu saat pembelajaran. b) Proses pengubahan kebiasaan siswa untuk belajar mendengarkan dan menerima informasi dari guru dan memikirkan pemecahan masalahnya, juga kurangnya buku ataupun sumber belajar lain. c) Menyebabkan kurang harmonisnya antar siswa karena kurang kompak dalam bekerjasama ataupun terdapat siswa yang pasif. 3. Solusi guru mengahapi kekurangan dalam penerapan metode Problem Solving: a) Waktu jam pelajaran yang terbatas, guru mengambil jam pelajaran lain. b) Kurangnya sumber belajar, guru memerintahkan siswa untuk juga belajar melalui internet. c) Menghadapi siswa yang kurang harmonis antar siswa karena kurang kompak dan juga pasif, guru mengharuskan pada ketua kelompok untuk membagi tugas pada anggotanya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:37
Last Modified: 11 Dec 2023 04:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4746

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item