Aini, Leny Nur (2022) Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pragaan Sumenep. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_Cover_TBIN.pdf Download (113kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_Lembar Persetujuan Pembimbing_TBIN.pdf Download (14kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf Download (304kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_Abstrak_TBIN.pdf Download (86kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_Daftar Isi_TBIN.pdf Download (94kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_BAB I_TBIN.pdf Download (314kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_BAB IV_TBIN.pdf Download (499kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_Daftar Pustaka_TBIN.pdf Download (164kB) |
|
Text
Leny Nur Aini_20160701070057_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf Download (40kB) |
Abstract
Kata Kunci : Upaya Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat saat pembelajaran sedang berlangsung, siswa tidak mendengarkan dan suka berbicara dengan temannya. Sehingga diperlukan suatu upaya untuk memotivasi agar siswa bersemangat mengikuti pembelajaran. Kebiasaan siswa dewasa ini lebih merespon perkembangan teknologi dan dunia maya, sehingga semangat belajarnya menurun. Untuk itu dalam penelitian ini peneliti membahas tentang upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX, yang lokasi penelitiannya adalah SMP Negeri 1 Pragaan Sumenep. Terdapat dua fokus dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pragaan Sumenep. Kedua, bagaimana hambatan atau kendala yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pragaan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber datanya adalah guru pengajar Bahasa Indonesia dan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pragaan. Adapun prosedur pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pragaan Sumenep yaitu dengan menggunakan teknik permainan atau Ice Breaking sebelum pelajaran dimulai, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dan menegur siswa yang tidak mengikuti pembelajaran saat pembelajaran sedang berlangsung. Kedua, hambatan atau kendala yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pragaan Sumenep adalah hambatan dari siswa itu sendiri, seperti siswa yang tidak menyimak penjelasan guru saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran maka guru akan menegurnya langsung. Hambatan dari luar siswa, seperti adanya suara gaduh dari siswa kelas lain karena gurunya belum datang atau tidak hadir, hambatan ini akan teratasi saat guru lain menggantikan guru yang tidak hadir di kelas itu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:37 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4747 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |