Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang

Fransiska, Nofia (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_Cover_TBIN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_Lembar-Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_Lembar Pengesahan_TBIN-1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_Abstrak_TBIN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_Daftar_Isi_TBIN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_BAB I_TBIN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_BAB IV_TBIN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_Daftar Rujukan_TBIN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Nofia Fransiska_19381072062_Surat_Pernyataan Keaslian_TBIN.pdf

Download (217kB)

Abstract

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis, Teks Berita. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang dibutuhkan oleh pengajar karena model pembelajaran problem based learning ini akan memberdayakan peran serta kekreatifan siswa agar dapat termotivasi untuk lebih menggemari kegiatan menulis, khususnya keterampilan menulis teks berita. Sehingga penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran problem based learning dalam keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang yang masih kurang dalam keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang. Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran problem based learning dalam keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang yang masih kurang dalam keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang. Adapun fokus penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning dalam keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran problem based learning dalam keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa hasil transkrip yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah tiga guru dan empat siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan meliputi mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan melaksanakan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui meningkatkan ketekunan, triagulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan model pembelajaran problem based learning dalam keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP melalui 3 tahapan diantaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup), tahap evalusi. Kedua, faktor pendukung dan penghambat penerapa model problem based learning yang telah dilaksanakan sebagai berikut: Faktor Pendukung; 1) Sikap guru dalam pembelajran, 2) Rasa antusias siwa, 3) Sarpras yang memadai, 4) Lingkungan sekolah dan kelas yang nyaman dipakai pada saat pembelajaran. sedangkang faktor penghambat; 1) Strategi pembelajaran melalui problem based learning membutuhkan cukup waktu untuk persiapan. 2) Siswa yang mengganggu siswa lain pada saat mengerjakan tugas pada saat proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:39
Last Modified: 11 Dec 2023 04:39
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4757

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item