Habiburrohman, Habiburrohman (2022) Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas IX MTs Mambaul Ulum Kamuning Sampang. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_SAMPUL.pdf Download (197kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049 _HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (275kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_1838101049_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (303kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_BAB IV.pdf Download (448kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (387kB) |
|
Text
HABIBURROHMAN_18381071049_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (294kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Diskusi, Bahasa Indonesia Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum kamuning sampang yang saat ini penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum kamuning sampang. adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan metode diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum kamuning sampang?. Kedua, bagaimana kelebihan dan kekurangan metode diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum kamuning sampang?. Ketiga, bagaimana mengatasi hambatan metode diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas IX MTs mambaul ulum kamuning sampang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah guru bahasa indonesia dan lima siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari penerapan metode diskusi ini sangat membantu siswa dalam melatih keterampilan berbicaranya, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dari hasil penelitian bahwasannya penerapan motode diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia yaitu guru menjelaskan terlebih dahulu tentang apa yang akan dibahas 5-10 menit lalu dibuat kelompok, setelah membentuk kelompok, setiap kelompok diberikan waktu untuk menjelaskan pemahamannya masing-masing. Kelebihan memberikan pemahaman pada siswa bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan dan memberikan pemahaman pada siswa bahwa dengan berdiskusi mereka dapat saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga diperoleh keputusan yang lebih baik. Kekurangan dari metode diskusi adalah kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya belajar, sehingga saat pelaksanaan diskusi siswa tersebut hanya berdiam diri tanpa ikut berkontribusi saat diskusi. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap prestasi siswa. Solusi dari kekurangan metode diskusi ini adalah guru harus sebisa mungkin memanfaatkan fasilitas yang ada guna menunjang semangat siswa. Selanjutnya guru harus memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya pendidikan, baik dari usia dini sampai tua nanti. Agar siswa kedepannya bisa bersemangat kembali dalam belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:40 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:40 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4766 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |