Penerapan Metode Demonstrasi pada Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs. Al-Azhar Toket Proppo Pamekasan

Anisyah, Anisyah (2022) Penerapan Metode Demonstrasi pada Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs. Al-Azhar Toket Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ANISYAH_19381072001_COVER_TBIN.pdf

Download (627kB)
[img] Text
Anisyah_19381072001_Lembar_Persetujuan_TBIN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
ANISYAH_19381072001_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
ANISYAH_19381072001_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (579kB)
[img] Text
ANISYAH_19381072001_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (717kB)
[img] Text
ANISYAH_19381072001_BAB I_TBIN.pdf

Download (729kB)
[img] Text
ANISYAH_19381072001_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
ANISYAH_19381072001_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
ANISYAH _19381072001_BAB IV_TBIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANISYAH _19381072001_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
ANISYAH _19381072001_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (717kB)
[img] Text
ANISYAH_19381072001_Surat_Pernyataan Keaslian_TBIN.pdf

Download (72kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Keterampilan Menulis, Puisi Salah satu keterampilan menulis dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah menulis puisi, dimana hal ini merupakan hasil dari sebuah ungkapan hati serta pikiran sesorang, maka puisi merupakan sesuatu yang memungkinkan siswa untuk bebas mengungkapkan segala imajinasinya sesuai dengan kehendak hati dan pikiran masing-masing. Namun demikian perlu adanya metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, diantaranya dengan metode demonstrasi, sebab metode ini mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian aturan dan urutan melakukan sesuatu kegiatan, baik secara langsung mamupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disejikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 fokus penelitian yang akan peneliti lalukan. Pertama, bagaimana penerapan metode demonstrasi pada keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs. Al-Azhar Toket Proppo Pamekasan. Kedua, bagaimana faktor penghambat dan pendukung dari metode demonstrasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs. Al-Azhar Toket Proppo Pamekasan. Ketiga, bagaimana solusi dari penerapan metode demonstrasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs. Al-Azhar Toket Proppo Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data ada empat komponen, yaitu observasi, wawancara, simak catat dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yaitu terdiri dari tiga tahap meliputi reduksi data, penyajian data dan verification. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triagulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode demonstrasi pada keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs. Al�Azhar Toket Proppo Pamekasan dapat dikatakan terlaksana dengan baik. Hal ini bisa dilihat pada hasil evaluasi dalam pembelajaran, yakni siswa mampu menulis puisi dengan baik, begitu pula dengan penggunaan majas dan diksinya juga menarik, walaupun masih ada siswa yang hasil puisinya kurang menarik dan belum dapat menggunakan diksi dan majas yang tepat. Adapun faktor penghambat penerapan metode demonstrasi pada keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs. Al-Azhar Toket Proppo Pamekasan adalah adanya siswa yang kurang paham mengenai kaidah penulisan puisi, siswa kesulitan dalam menyampaikan ide menulis, adanya siswa yang tak pandai menggunakan majas/bahasa kias, sedangkan faktor pendukungnya adalah faktor usia, pembelajaran menjadi lebih menarik. Sementara solusinya adalah menggunakan pendekatan pembelajaran yang terpadu dan bervariasi, memperlakukan peserta didik secara adil dan manajemen waktu yang baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:40
Last Modified: 11 Dec 2023 04:40
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4769

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item