Rofiqoh, Rofiqoh (2022) Penerapan Metode Diskusi Dalam Keterampilan Berpidato Pada Siswa Kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
sampul icha.pdf Download (418kB) |
|
Text
halama persetujuan.pdf Download (415kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (492kB) |
|
Text
Abstrak icha.pdf Download (32kB) |
|
Text
daftar isi icha.pdf Download (133kB) |
|
Text
Bab 1 icha.pdf Download (360kB) |
|
Text
Bab II icha.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
|
Text
Bab III icha.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
Bab IV icha.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab V icha.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
Daftar Rujukan icha.pdf Download (217kB) |
|
Text
keaslian tulisan.pdf Download (482kB) |
Abstract
Kata kunci : Metode Diskusi, Keterampilan Berpidato Metode diskusi merupakan salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan masalah yang di hadapai dan metode diskusi ini melatih peserta didik mengembangkan keterampilan bertanya, berkomunikasi, menafsirkan dan menyimpulkan bahasa. Adapun keterampilan berpidato merupakan berbicara di depan banyak orang atau public dan siswa harus memiliki kemauan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama,bagaimana penerapan metode diskusi dalam keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA Nurul�Yaqin Lenteng Sumenep .;kedua, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode diskusi keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep ;ketiga,bagaimana solusi dari hambatan penerapan metode diskusi dalam keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informannya adalah : Guru Bahasa Indonesia dan Siswa. Data yang diperoleh dirumuskan dalam bentuk transkrip wawancara dan catatan pengamatan lapangan, yakni, Guru Bahasa Indonesia dan Siswa Kelas XI yang ada di SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan Guru dalam metode diskusi keterampilan berpidato siswa kelas XI SMA Nurul Yaqin Lenteng Sumenep siswa belajar secara berkelompok dan saling bertukar fikiran dan siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan ke depan. Kedua,faktor pendukung dan faktor penghambat yaitu faktor pendukung; minat belajar berupa pembelajaran media audio visual dan peraturan dalam berdiskusi Siswa. Faktor Penghambat; faktor yang menghambat yaitu Siswa malas untuk berdiskusi dan Siswa kaku dalam Berbahasa Indonesia ketika mempresentasikan di depan umum ketiga, solusi dari faktor penghambat yaitu yang pertama, sebelum memulai pembelajaran Guru memberikan motivasi dan arahan mengenai metode diskusi dalam keterampilan berpidato agar Siswa tertarik dan lebih semangat lagi belajar. yang kedua yaitu agar Siswa lebih efektif dan lancar berbicara di depan umum Guru membiasakan dan menekankan siswa untuk berbicara Bahasa Indonesia di kelas supaya Siswa tidak kaku ketika mempresentasikan ke depan public
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:40 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:40 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4772 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |