Penerapan Metode Diskusi Dalam Keterampilan Berpidato Pada Siswa Kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep

Rofiqoh, Rofiqoh (2022) Penerapan Metode Diskusi Dalam Keterampilan Berpidato Pada Siswa Kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
sampul icha.pdf

Download (418kB)
[img] Text
halama persetujuan.pdf

Download (415kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (492kB)
[img] Text
Abstrak icha.pdf

Download (32kB)
[img] Text
daftar isi icha.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Bab 1 icha.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Bab II icha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
Bab III icha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
Bab IV icha.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V icha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
Daftar Rujukan icha.pdf

Download (217kB)
[img] Text
keaslian tulisan.pdf

Download (482kB)

Abstract

Kata kunci : Metode Diskusi, Keterampilan Berpidato Metode diskusi merupakan salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan masalah yang di hadapai dan metode diskusi ini melatih peserta didik mengembangkan keterampilan bertanya, berkomunikasi, menafsirkan dan menyimpulkan bahasa. Adapun keterampilan berpidato merupakan berbicara di depan banyak orang atau public dan siswa harus memiliki kemauan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama,bagaimana penerapan metode diskusi dalam keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA Nurul�Yaqin Lenteng Sumenep .;kedua, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode diskusi keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep ;ketiga,bagaimana solusi dari hambatan penerapan metode diskusi dalam keterampilan berpidato pada siswa kelas XI SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informannya adalah : Guru Bahasa Indonesia dan Siswa. Data yang diperoleh dirumuskan dalam bentuk transkrip wawancara dan catatan pengamatan lapangan, yakni, Guru Bahasa Indonesia dan Siswa Kelas XI yang ada di SMA Nurul-Yaqin Lenteng Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan Guru dalam metode diskusi keterampilan berpidato siswa kelas XI SMA Nurul Yaqin Lenteng Sumenep siswa belajar secara berkelompok dan saling bertukar fikiran dan siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan ke depan. Kedua,faktor pendukung dan faktor penghambat yaitu faktor pendukung; minat belajar berupa pembelajaran media audio visual dan peraturan dalam berdiskusi Siswa. Faktor Penghambat; faktor yang menghambat yaitu Siswa malas untuk berdiskusi dan Siswa kaku dalam Berbahasa Indonesia ketika mempresentasikan di depan umum ketiga, solusi dari faktor penghambat yaitu yang pertama, sebelum memulai pembelajaran Guru memberikan motivasi dan arahan mengenai metode diskusi dalam keterampilan berpidato agar Siswa tertarik dan lebih semangat lagi belajar. yang kedua yaitu agar Siswa lebih efektif dan lancar berbicara di depan umum Guru membiasakan dan menekankan siswa untuk berbicara Bahasa Indonesia di kelas supaya Siswa tidak kaku ketika mempresentasikan ke depan public

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:40
Last Modified: 11 Dec 2023 04:40
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4772

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item