Aziz, Aziz (2022) Penerapan metode time token dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Miftahul Athfal Kedungdung Sampang. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
AZIZ_18381071028_SAMPUL.pdf Download (207kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_HALAMANPERSETUJUAN.pdf Download (286kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (303kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_BAB I.pdf Download (838kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_BAB IV.pdf Download (578kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_DAFTARRUJUKAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
AZIZ_18381071028_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (187kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan metode time token, kemampuan berbicara Keterampilan berbicara merupakan potensi dalam mengucapkan bunyi – bunyi untuk menyampaikan sebuah argumentasi di khalayak umum. Metode time token merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara secara keseluruhan. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama bagaimana penerapan metode time token pada pembelajaran Bahasa Indonesia guna meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas VII SMP Miftahul Athfal Kedungdung Sampang? Kedua bagaimana kelebihan dan kekurangan metode Time Token pada siswa kelas VII SMP Miftahul Athfal Kedungdung Sampang? Ketiga bagaimana cara mengatasi kekurangan pada penerapan metode Time Token pada siswakelas VII SMP Miftahul Athfal KedungdungSampang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara dengan siswa kelas VII, dan sumber data yang selanjutnyta adalah observasi, dan dokumentasi, informannya adalah kepala sekolah, guru Bahasa Indonesia dan guru lainnya. Data yang diperoleh dirumuskan dalam bentuk transkrip wawancara dan catatan pengamatan lapangan, yang ada di SMP Miftahul Athfal Kedungdung Sampang. Tujuan dari adanya penelitian dengan judul “ Penerapan metode time token dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Miftahul Kedungdung Sampang” adalah: 1) untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia. 2) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penerapan model pembelajaran time token. 3) untuk mendeskripsikan solusi dari kekurangan metode time token. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti, pertama, penerapan metode time token yang diterapkan di SMP Miftahul Athfal sangat membantu siswa dalam melatih keterampilan berbicaranya. Kedua, kelebihan dari penerapan metode ini adalah, siswa lebih giat dalam belajar, percaya diri, disiplin dalam berbicara. Sedangkan kekurangan dari metode time token ini adalah, adanya siswa yang masih malas untuk belajar, sehingga menjadi penghambat dari keterampilan berbicara siswa, dan adanya siswa yang jarang masuk sekolah. Sehingga guru harus memperhatikan hal ini, dan mencari solusi supaya penerapan metode ini bisa berjalan dengan semaksimal mungkin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:44 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4774 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |