Fahrizal, Fahrizal (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) dalam Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTsN 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_Cover_TIPS.pdf Download (13kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_Lembar_persetujuan_Pembingbing_TIPS.pdf Download (8kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_Lembar_Pengesahan_3 penguji.pdf Download (36kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_Abstrak_TIPS.pdf Download (19kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_Daftar_isi_TIPS.pdf Download (23kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_BAB I_TIPS.pdf Download (93kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_BAB IV_TIPS.pdf Download (323kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (12kB) |
|
Text
A. Fahrizal Kurniawan_20160701080001_Keaslian Tulisan_Tips.pdf Download (36kB) |
Abstract
Kata Kunci: Ukbm, ips Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah isu bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang membosankan, dan fakta bahwa materi yang disuguhkan didalamnya terlalu banyak serta menuntut peserta didik untuk menghafal. Oleh karena itu minat peserta didik terhadap mata pelajaran yang satu ini demikian rendah dan cenderung mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. untuk mengatasi masalah tersebut, guru kemudian menerapkan metode pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) dengan tujuan agar kegiatan belajar mengajar lebih menarik, tidak membuat peserta didik merasa bosan, serta mengatasi masalah siswa yang mengalami kesulitan belajar. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan metode Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) dalam pelajaran IPS siswa kelas VII di MTsN 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan? 2) Apa saja faktor pendukung penerapan metode pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) dalam pelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTsN 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan?, dan 3) apa saja faktor kesulitan belajar menggunakan metode pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) dalam pelajaran IPS siswa kelas VII di MTsN 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yakni menggali suatu informasi dari peristiwa maupun fenomena yang ada dan disuguhkan dengan kata-kata tertulissehingga menghasilkan data diskriptif yang nantinya mudah di cerna dan dipahami. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan di MTsN 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan memperoleh hasil yaitu: Pertama, Dengan menerapkan metode unit kegiatan belajar madrasah (ukbm) siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam belajar IPS, karena Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) membuat pelajaran IPS menjadi lebih menarik dan meringkas materi menjadi inti-inti penting. Kedua, kesulitan belajar siswa menjadi faktor utama yang mendorong guru untuk menerapkan metode Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) saat pembelajaran IPS di kelas. Ketiga, siswa yang asik berbicara sendiri saat pelajaran berlangsung menjadi masalah utama yang menghambat penerapan metode pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:44 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4784 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |