A.Irwanto, A.Irwanto (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII Mts Al-Huda Duko Timur Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. 20160701080002_SAMPUL.pdf Download (42kB) |
|
Text
2. 20160701080002_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
3. 20160701080002_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (259kB) |
|
Text
4. 20160701080002_ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text
6. 20160701080002_DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
7. 20160701080002_BABI.pdf Download (350kB) |
|
Text
8. 20160701080002_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
9. 20160701080002_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text
10. 20160701080002_BABIV.pdf Download (475kB) |
|
Text
11. 20160701080002_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
12. 20160701080002_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (389kB) |
|
Text
13. 20160701080002_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (262kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial. Numbered Head Together (NHT) adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dibuat untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas dradisiona guru ips harus memiliki strategi agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu alternatif model pembeljaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan juga membantu peserta didik dalam memahami materi pada pembelajaran IPS yitu Numbered Head Together. Bedasarkan pengamatan dari peneliti di Mts Al-Huda bahwa peserta didik kelas VII kurang memeperhatikan guru dan lebih sering sibuk dengan dunianya sendiri disaat mengikuti pembelajaran IPS, selain itu suasana pembelajaran yang kurang menarik bagi peserta didik. Sehingga, peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajran IPS di Mts Al-Huda tahun ajaran 2021/2022 dan untuk mengetahui pengaruh antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran koopratif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII Mts Al-Huda Larangan Pamekasan. Hal ini di buktikan dari nilai yang dihasilkan siswa sesudah menerapkan model Numbered Head Together lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent test yaitu 0,004 di interpretasikan dengan taraf signifikansi 0,05. Maka 0,004 < 0,05 sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di Mts Al-Huda Larangan Pamekasan.Besar pengaruh model pembelajaran koopratif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII Mts Al-Huda Larangan Pamekasan yaitu pada kategori sangat rendah. ”. Hal tersebut diketahui dari hasil t tabel yang di hitung menggunakan bantuan aplikasi SPSS sebesar 0,004 bila di konsultasikan dengan interpretasi nilai t, maka 0,004 berada di antara interval 0,00 sampai dengan 0,200. Maka hasil penelitian tersebut dinyatakan “ada pengaruh” yaitu dengan interpretasi “sangat rendah”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:45 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4785 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |