Rohman, Afifur (2022) Penanaman Sikap Kedisiplinan Melalui Proses Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IX SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Afifur Rohman_18381081008_Cover_TIPS.pdf Download (204kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (116kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf Download (208kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_Abstrak_TIPS.pdf Download (87kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (146kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_BAB I_TIPS.pdf Download (256kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_BAB IV_TIPS.pdf Download (359kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_BABV_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (165kB) |
|
Text
Afifur Rohman_18381081008_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_TIPS.pdf Download (222kB) |
Abstract
Kata Kunci : Sikap, Disiplin, Pembelajaran IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa SMP Bustanul Ulum yang masih rendah tingkat kedisiplinannnya, hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang terlamabat datang ke sekolah, tidak memakai sepatu, tidak mengerjakan tugas, bolos saat jam pelajaran, dan merokok. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kondisi sikap kedisiplinan siswa kelas IX SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan; kedua, Bagaimana Penanaman Sikap Kedisiplinan Melalui Proses Pembelajaran IPS pada siswa kelas IX SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan; ketiga, apa saja kendala guru IPS dalam menanamkan sikap kedisiplinan pada siswa kelas IX SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah serta guru IPS di SMP Bustanul Ulum Plakpak Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kondisi sikap kedisiplinan siswa kelas IX SMP Bustanul Ulum tergolong baik, dibuktikan dengan beberapa siswa di kelas IX yang sudah menerapkan perilaku disiplin seperti datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu, mematuhi peraturan sekolah. (2) Beberapa upaya yang dilakukan oleh guru IPS dalam penanaman sikap disiplin siswa diantaranya guru senantiasa menggunakan pendekatan konseptual dan bermakna dalam pembelajaran IPS, guru IPS juga melakukan pembiasaan berperilaku disiplin untuk menjadi teladan bagi siswa, seperti halnya melakukan kegiatan absensi dan mengecek kerapian serta kelengkapan atribut sekolah siswa. (3) Kendala guru IPS dalam menanamkan sikap kedisiplinan yaitu terdapat beberapa siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru, kondisi kelas yang tidak kondusif, serta kemampuan siswa yang beragam menjadi kendala.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:45 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4790 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |