Mannan, Abdul (2022) Analisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Abdul Mannan_18381081005_SAMPUL.pdf Download (258kB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (155kB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text
Abdul_Mannan_18381081005_DAFTAR ISI.pdf Download (485kB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (431kB) |
|
Text
Abdul Mannan_18381081005_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (148kB) |
Abstract
Kata Kunci:Model Pembelajaran,Problem Posing,IPS. Guna menunjang kesuksesan kegiatan pembelajaran yang dilakukan, pendidik dalam suatu lembaga pendidikan senantiasa mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan kegiatan pembelajaran salah satunya yakni penggunaan model pembelajaran. Melalui penggunaan suatu model pembelajaran tertentu, guru dapat mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dengan mudah serta lebih menjamin kesuksesan pembelajaran, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan antusias belajar siswa salah satunya dengan menggunakan model model problem posing pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,yaitu: pertama, bagaimana implementasi model pembelajaran problem posing pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung dan kendala guru dalam implementasi Model Pembelajaran Problem Posing pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara,observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti,seperti Kepala Sekolah serta Guru IPS di SMP Muhammadiyah Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Model problem posing sangat penting untuk diterapkan dalam mata pelajaran IPS, karena dengan penerapan model problem posing menjadikan siswa semakin aktif di dalam kelas, kemampuan siswa dalam menyusun soal baik secara mandiri maupun secara berkelompok juga semakin meningkat, hal ini membuat pemahaman siswa yang berkaitan dengan materi pelajaran juga akan semakin maksimal, hingga nantinya siswa dapat menuntaskan materi pelajaran sesuai dengan indikator pembelajaran yang telah ditentukan, maka di SMP Muhammadiyah Pamekasan khususnya di kelas VIII mata pelajaran IPS guru yang bersangkutan menggunakan model pembelajaran problem posing, untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam menyusun soal atau pertanyaan. (2) Faktor Pendukung implementasi model posing diantaranya model problem posing mudah diterapkan dalam proses pembelajaran, solidaritas antar siswa kelas VIII meningkat. Adapun kendala implementasi model problem posing diantaranya kondisi kelas yang kurang kondusif,keberagaman kemampuan yang dimiliki oleh siswa, sarana dan prasarana yang terbatas, memerlukan waktu yang cukup banyak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:21 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4795 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |