Peran Guru IPS Dalam Membentuk karakter Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan

Munir, Misbahul (2022) Peran Guru IPS Dalam Membentuk karakter Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 Sampul.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 Daftar Isi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 BAB IV.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 Daftar Rujukan.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Misbahul Munir 19381081054 lembar keaslian karya.pdf

Download (194kB)

Abstract

Kata Kunci :Peran Guru IPS, Karakter Nasionalisme Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa SMP Negeri 7 Pamekasan yang masih rendah tingkat karakter nasionalismenya, dibuktikan dengan adanya siswa kurang menaati aturan yang ditetapkan kepala sekolah, rendahnya kejujuran, dan menghargai orang lain. Dengan melihat indikator nasionalisme tentang ketuhanan, kamanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan untuk membentuk karakter nasionalisme, peneliti bisa mengetahui rendahnya siswa di SMP Negeri 7 Pamekasan. Tujuan penelitian ini, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, untuk melihat proses yang dilakukan oleh guru untuk membentuk arakter nasionalisme siswa SMP Negeri 7 Pamekasan; kedua, untuk mengidentifikasi kondisi siswa SMP Negeri 7 Pamekasan setelah terlaksananya pembelajaran IPS. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Dalam Proses Guru IPS untuk membentuk karakter nasionalisme siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pamekasan cukup membaik, dengan guru selalu memberikan contoh yang baik terhadap siswa seperti tidak terlambat kesekolah dan selalu mendampingi siswa baik dalam pelajaran maupun kegiatan lain seperti bersih masal, sholat berjamaah dalam pembiasaan diri siswa untuk membentuk karakter nasionalismenya. (2) Kondisi siswa SMP Negeri 7 Pamekasan setelah terlaksananya proses pembelajaran IPS, siswa mulai membaik yang awalnya tidak suka mata pelajaran IPS dan sering keluar kelas ketika pelajaran berlangsung dengan motivasi, mebimbing terhadap siswa, guru IPS mampu membuat siswa kelas VIII betah dan mendengarkan apa yang telah di jelaskan oleh guru dan itu berkelanjutan. Adapun peran guru IPS memang menjadi peran penting untuk selalu memberikan motivasi, arahan dan bimbingan kepada siswa setelah pembelajaran selesai agar mereka tetap mengingatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:23
Last Modified: 13 Dec 2023 04:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4811

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item