Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kesadaran Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII MTS Darut Thalibin Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022

Alimuddin, Mohammad (2022) Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kesadaran Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII MTS Darut Thalibin Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_COVER_T.ips.pdf.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_HALAMAN PERSETUJUAN_T.ips.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_pengesahan_T.ips.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_ABSTRAK_T.ips.pdf.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_DAFTAR ISI_T.ips.pdf.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_BAB I_T.ips.pdf.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_BAB II_T.ips.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_BAB III_T.ips.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_BAB IV_T.ips.pdf.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_BAB V_T.ips.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_DAFTAR PUSTAKA_T.ips.pdf.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Mohammad Alimuddin_18201501080039_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_T.ips.pdf.pdf

Download (487kB)

Abstract

Kata Kunci : Model, Problem Based Learning, Kesadaran Sosial Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) diorientasikan mampu membentuk kesadaran sosial peserta didik, sehingga perkembangan emosional dan intelektual siswa atau peserta didik dapat berjalan seimbang, kesadaran sosial terutama dalam mata pelajaran IPS merupakan unsur yang tidak dapat dielakkan berperan penting dalam membangun jiwa sosial dan kepedulian sosial baik dalam pembentukan jati dirinya maupun secara eksplisit dalam membentuk lingkungan sosial yang mendidik dan mendewasakan. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada tiga fokus penelitian yakni Bagaimana proses perencanaan model Problem Based Learning dalam mengembangkan kesadaran sosial siswa pada mata pelajaran IPS. Bagaimana pelaksanaan model Problem Based Learning dalam mengembangkan kesadaran sosial siswa serta bagaimana hasil dan implikasi model Problem Based Learning dalam mengembangkan kesadaran sosial siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTS Darut Thalibin Pamekasan tahun pelajaran 2021/2022 Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan (Field Research). pendekatan yang akan digunakan oleh peneliti adalah pendekatan deskriptif melalui fokus model pembelajaran berbasis masalah. Adapun metode yang peneliti gunakan dalam rangka pengumpulan data-data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Melalui metode penelitian di atas, hasil penelitian ini mencakup tiga hal yang merupakan jawaban dari rumusan masalah. Pertama, Proses perencanaan model Problem Based Learning dalam mengembangkan kesadaran sosial siswa meliputi tahapan perencanaan, yaitu: mengidentifikasi topik, penentuan tujuan belajar, pengidentifikasian masalah, mengakses masalah. Kedua, Tahapan-tahapan dalam pelaksanaan model problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah sebagai berikut: Penjelasan tujuan dan motivasi, Pengoorganisasian, Pengumpulan informasi, Analisis masalah, Refleksi dan Evaluasi Ketiga, hasil dan implikasi model Problem Based Learning dalam mengembangkan kesadaran sosial siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTS Darut Thalibin Pamekasan tahun pelajaran 2021/2022 dapat dilihat dari berbagai indikator yang digunakan dalam menganalisis model pembelajaran berbasis masalah ini terhadap kesadaran sosial siswa setidak-tidaknya dapat dipahami dalam dua aspek yakni empati dan implementasi empati tersebut ke dalam perilaku. Dua aspek ini sebagai garis besar dari berbagai indikator di atas tampak pada bagaimana siswa memiliki antusisa, tanggung jawab dan mampu menghargai orang lain sebagai bentuk pengembangan kesadaran sosial siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:23
Last Modified: 13 Dec 2023 04:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4812

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item